Friday, October 26, 2018

Hidup Lebih Sehat Dengan Ion Water Rendah Kalori

Posted by Kania Safitri at 10:51 PM
Hello Beauties…

Hayo disini siapa yang mau sehat? hmmm... Siapapun pasti ingin sehat, tapi giliran diminta menjalani gaya hidup sehat yang benar, belum tentu semua mau menjalaninya.Tau gak siy kalau pola hidup sehat bisa dilakukan semenjak kita beranjak dari tempat tidur pada pagi hari. Minum cukup cairan, sarapan, hingga melakukan olahraga adalah aktivitas-aktivitas menyehatkan yang sebenarnya tak sulit untuk dilakukan.

Tau gak siy... Saat menjalani aktivitas seharian, tubuh secara otomatis akan kehilangan energi, cairan, dan ion yang bisa menyebabkan fungsi tubuh menjadi tidak maksimal. Beberapa gangguan kesehatan, seperti sakit kepala dan kram, hingga menurunnya produktivitas adalah beberapa contoh masalah yang mungkin bisa kita alami saat tubuh kekurangan cairan dan ion tubuh.
Maka dari itu, kita perlu mengembalikan cairan tubuh yang keluar agar metabolisme tubuh tetap terjaga dengan baik melalui makanan dan minuman. Sayangnya, seringkali makanan dan minuman yang beredar di pasaran memiliki kandungan kalori yang cukup tinggi sehingga melebihi jumlah kebutuhan yang dibutuhkan. Padahal sebagaimana yang kita ketahui, asupan kalori yang melebihi jumlah kebutuhan harian dapat meningkatkan risiko kegemukan hingga diabetes.

Nah pas banget niy pada hari Kamis, 25 Agustus 2018 PT. Amerta Indah Otsuka yang merupakan perusahaan afiliasi dari Otsuka Pharmaceutical meluncurkan produk terbarunya yaitu Ion Water, minuman ion rendah kalori yang cocok untuk mereka yang ingin mengembalikan cairan dan ion tubuh yang hilang namun dengan komposisi rendah kalori.
Acara ini dibuka dengan aktivitas yoga bersama diatas kursi, semuanya melakukan gerakan sesuai dengan arahan. Tanpa disadari aktivitas toga yang hanya sebentar saja tubuh kita sudah mengeluarkan cairan, karena suhu ruangan ber AC makan kulit keringat yang dikeluarkan oleh kulit cepat menguap sehingga tidak merasakan kalau tubuh sudah kehilangan cairan. 
Oya, Acara ini menghadirkan Bapak Ricky Suhendar, selaku Marketing Direktur Amerta Indah Otsuka dan dr. Haekal Yassier Anshari, Pakar Kesehatan. Pak Ricky mengatakan bahwa, masyarakat Indonesia kini sudah semakin peduli dengan kesehatan tubuhnya. 
Pak Ricky menjelaskan bahwa berdasarkan riset yang dilakukan oleh Mintel, 75% masyarakat urban Indonesia ingin memiliki pola makan yang lebih sehat dan 58% masyarakat Indonesia ingin melakukan olahraga lebih banyak. Melihat meningkatnya minat masyarakat Indonesia akan gaya hidup yang lebih sehat, Otsuka ingin mendukung dengan cara menghadirkan produk yang bermanfaat bagi kesehatan, seperti Ion Water.
Sementara itu, Kondisi Indonesia berdasarkan data dari Riset Kesehatan Dasar ( RISKESDAS ) oleh Kementrian Kesehatan RI, pada tahun 2013, di Indonesia frekuensi konsumsi makanan/minuman manis ≥1 kali dalam sehari secara nasional adalah 53.1%. Jumlah tersebut menurun jika di bandingkan dengan tahun 2007 yaitu ssebanyak 65,2 %.

Oleh karena itulah, PT Amerta Indah Otsuka yang senantiasa  mendukung pola hidup sehat yang sesuai dengan  filosofi perusahaan, Otsuka-people creating new products for better health worldwide, maka Otsuka selalu menghadirkan produk-produknya yang selalu mengacu pada produk makanan dan minuman sehat dan berkualitas, seperti minuman Pocari Sweat dan SoyJoy.

Untuk meningkatkan kesadaran akan gaya hidup sehat sekaligus mendukung program Gerakan Masyarakat Sehat (Germas) Kemenkes, dalam upaya memasyarakatkan hidup sehat untuk Indonesia yang lebih baik, PT Amerta Indah Otsuka meluncurkan Ion Water, yang merupakan minuman ion rendah kalori yang bisa mengembalikan cairan dan ion tubuh yang hilang dengan rendah kalori.

Ion water merupakan minuman ion rendah kalori yang cocok untuk mereka yang ingin mengembalikan cairan dan ion tubuh yang hilang namun dengan komposisi rendah kalori dengan komposisi mirip cairan tubuh untuk aktifkan gaya hidup sehat.

Berdasarkan penjelasan Pak Ricky kalau komposisi ion dalam Ion Water mirip dengan komposisi cairan tubuh, diantaranya adalah : Natrium 23 mEg/L, Kalium 5 mEg/L, Kalsium 1 mG/L, Magnesium 0.5 mG/L, Klorida 16 mEg/L, Sitrat 10 mG/L dan Laktat 1 mG/L, yang mudah diserap oleh tubuh dan dapat mengembalikan cairan serta ion tubuh dengan optimal. Selain itu, Ion Water juga tidak mengandung pemanis buatan dan pengawet sehingga aman di konsumsi.
Perbandingan kalori Ion Water memiliki kandungan kalori sebanyak 35 kkal per 250 ml, atau setara dengan 14 kkal per 100 ml. Dengan komposisi ini, maka Ion Water telah memenuhi standar Badan Pengawasan Obat dan Makanan( BPOM ) sebagai minuman rendah kalori, dimana standar BPOM mengatakan angka maksimal minuman bisa di katakan rendah kalori adalah 20kal per 100 ml,”  tambahnya.
Jadi sekarang sudah pada tau kan... kalau Ion Water merupakan  minuman ion dengan kalori rendah yang cocok untuk dikonsumsi buat kalian yang ingin mengembalikan cairan dan ion tubuh yang hilang namun tetap dapat menjaga asupan kalorinya.

Selanjutnya dr. Haekal Yassier Anshari, Pakar Kesehatan, menjelaskan bahwa  tubuh mengandung cairan yang terdiri dari air dan ion yang dapat membantu sel tubuh untuk beregenerasi. Namun terkadang cairan dalam tubuh kerap mengalami perubahan karena beragam aktivitas.
Oleh karena itu harus ada keseimbangan antara cairan tubuh yang keluar karena disebabkan berbagai faktor, dengan asupan cairan yang masuk kedalam tubuh tersebut. Sehingga cairan yang ada dalam tubuh kita yang sebaian besar berupa cairan akan selalu terjaga keseimbanganya. Penting untuk kita dapat mengganti cairan tubuh yang keluar agar fungsi metabolisme tubuh tetap terjaga.
Begitu juga dengan ion yang ada dalam cairan tubuh kita. Menurutnya, jika ionnya berkurang yang harus segera dicukupi dengan asupan seperti Ion Water.

Dr, Haekal mengatakan untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang tidak cukup dengan air putih saja karena tubuh juga memerlukan asupan ion untuk menggantikan cairan ion yang hilang setelah beraktivitas. Ion ini kemudian akan meningkatkan metabolisme tubuh, sehingga dapat memperkuat sistem imun dan meningkatkan kinerja saraf dan otak.

Berdasarkan penelitian, bila tubuh kekurangan cairan sebesar 2% dari berat badan maka tubuh bisa lemas, kurang fokus, kemampuan mengingat menurun, dan menganggu fungsi kognitif lainnya. Bahkan dalam kasus yang ekstrem, tubuh yang kekurangan cairan bisa mengalami dehidrasi hingga kejang, pingsan, dan bahkan kematian.
Selain menjaga kebutuhan cairan dan ion tubuh harian, dr. Haekal juga menegaskan pentingnya memilih asupan cairan tepat. Sebab data menunjukan 72% orang dewasa di Indonesia sudah bisa memenuhi kebutuhan cairannya tetapi pemenuhan tersebut dilakukan dengan cara yang salah kareana mereka cenderung mengonsumsi minuman manis seperti kopi, soda, teh, dan lainnya. Jadi kebutuhan cairan mereka terpenuhi tetapi justru membuat tubuh meningkatkan risiko diabetes.
Inilah mengapa kita juga perlu cerdas dan berhati-hati dalam memilih asupan untuk memenuhi kebutuhan cairan harian. Saat kita beraktivitas kita akan kehilangan cairan berupa air dan ion dalam tubuh. Untuk dapat mengembalikan kebutuhan itu, minuman ion berkalori rendah bisa menjadi salah satu pilihan alternatifnya. Sebab air mineral saja tidak cukup. Berdasarkan penjelasan dr. Haekal air mineral memang bisa mengembalikan kebutuhan air di dalam tubuh. Tetapi sayangnya air mineral tidak bisa mengambalikan kebutuhan ion di dalam tubuh.

Hal-hal yang perlu di ingat yaitu :
- Penting menjaga kesehatan cairan dan komposisi ion tubuh
- Gangguan keseimbangan dan ion tubuh menyebabkan gangguan kesehatan dan menurunkan produktivitas.
- Cukupi kebutuhan cairan dan ion dari makanan atau minuman yang tidak menyebabkan kelebihan kalori.

Kita bisa memanfaatkan buah dan sayuran hijau sebagai ion tambahan untuk tubuh, tetapi tentu susah bagi kita untuk mengukurnya. Jadi, minuman enak dan sehat tidak bikin gendut dengan minum Ion Water yang rendah kalori bisa menjadi salah satu jawabannya.

Ok, sekian dari aku semoga bermanfaat  dan sampai jumpa di blogpost berikutnya. Jangan lupa follow my Blog, IGFBTwitter dan Youtube.

Thank you and have a nice day :)

0 comments:

Post a Comment

 

Beauty Diary Kania Copyright © 2011 Design by Ipietoon Blogger Template | web hosting