Sunday, August 19, 2018

Peduli Kanker Payudara Bersama Sorella

Posted by Kania Safitri at 7:01 PM
Hello Beauties…

Seru banget deh Senin kemarin tepatnya 13 Agustus 2018 aku menghadiri acara Sorella Blogger & Influencer Gathering yang berlangsung di Segarra Seaside Restaurant Ancol - Jakarta. Event ini merupakan lanjutan dari acara Sorela Trunk Show di Skye -Jakarta yang lalu (yang belum baca bisa klik DISINI).
Acara kali ini dibawakan oleh MC Jean Girsang yang sudah kita kenal sebagai presenter salah satu di stasiun TV dan pastinya sering aku jumpai di acara-acara blogger gathering sebagai tamu undangan, namun kali ini Jean sebagai MC andalan Sorella. Dengan nara sumber Ibu Madelina Mutia adalah selaku Co-Founder & Breast Cancer Survivor Lovepink Indonesia dan Ibu Agnes Dewi adalah selaku Marketing Manager PT Megariamas Sentosa.
Sebelumnya sudah pada tau belum Lovepink itu apa? Ok, aku akan jelaskan terlebih dahulu jadi Lovepink adalah organisasi yang berfokus pada kegiatan sosialisasi deteksi dini dengan dara SADARI (Periksa Payudara Sendiri), SADANIS (Periksa Payudara Secara Klinis) dan pedampingan bagi sesama perempuan dengan kanker payudara. Lovepink bergerak dengan basis komunitas survivors yang bekerja secara sukarela. Seluruh kegiatan berpusat dari Lovepink Care Center yang juga menjadi sarana untuk beraktivitas bagi para perempuan dengan kanker payudara, seperti : meditasi, demo masak, demo kecantikan, seminar dll.
Ibu Madelina Mutia selaku Co-Founder & Breast Cancer Survivor Lovepink Indonesia 
Lovepink Indonesia ini yang secara visual ditandai dengan “pink ribbon” (pita pink), lambang internasional untuk menunjukkan dukungan moral dan solidaritas terhadap perempuan penderita kanker payudara. Warna pink sendiri secara global dianggap warna feminin, melambangkan kepedulian, kasih sayang, kecantikan, dan kebaikan. 

Lovepink Indonesia ingin mengajak masyarakat ikut serta dalam campaign peduli kanker payudara untuk meningkatkan kesadaran masyarakat, terutama perempuan, terhadap pentingnya deteksi dini kanker payudara. Selain kanker kulit (tidak termasuk melanoma), kanker payudara adalah salah satu kanker yang paling sering terjadi pada kaum perempuan. Deteksi dini adalah perlindungan terbaik dengan SADARI (Periksa Payudara Sendiri).
Image source by Google
Lovepink Indonesia mempunyai tujuan menurunkan angka pasien kanker payudara stadium lanjut dan meningkatkan jumlah survivor yang sadar, tangguh dan peduli. Visi Lovepink yaitu dunia yang bebas dari kanker payudara stadium lanjut, sedangkan Misi Lovepink yaitu meningkatkan kesadaran dan menghilangkan stigma seputar kanker payudara melalui :
- Sosialisasi seputar tanda-tanda dan pengobatan kanker payudara, berikut pentingnya deteksi dini dan sharing payudara secara berkala.
- Dukungan moral untuk para pasien kanker payudara dan keluarganya.

Ibu Madelina Mutia selaku Co-Founder & Breast Cancer Survivor Lovepink Indonesia  menjelaskan tentang kanker payudara adalah sebuah keadaan abnormal di mana sel-sel pada jaringan payudara membelah dan berkembang di luar kontrol. Tanda-tanda peringatan kanker payudara tidak sama pada semua perempuan. Tanda-tanda paling umum adalah perubahan dalam tampilan atau rasa raba payudara, perubahan pada tampilan atau rasa raba puting susu dan keluarnya cairan dari puting susu (nipple discharge).

Tanda-tanda kanker payudara yaitu :
- Benjolan, tonjolan keras atau penebalan di dalam payudara atau area ketiak
- Pembengkakan, sensasi panas, warna kemerahan atau menggelap pada payudara
- Perubahan pada ukuran atau bentuk payudara
- Pelekukan atau pengerutan kulit
- Rasa gatal, luka bersisik, atau ruam pada putting susu
- Puting susu atau bagian lain dari payudara yang masuk kedalam
- Secara mendadak keluar cairan dari puting susu
- Rasa nyeri baru di satu tempat yang tak kunjung hilang
Image Source by Google
Dalam kebanyakan kasus, perubahan-perubahan ini bukanlah kanker. Misalnya, nyeri payudara terjadi lebih umum dikarenakan benign breast conditions (gangguan payudara jinak) bukan kanker payudara. Namun demikian, satu-satunya cara untuk mengetahui secara pasti adalah dengan mendatangi penyedia layanan kesehatan. Jika terserang penyakit kanker payudara, jalan terbaik adalah mengetahuinya sejak dini, ketika kemungkinan untuk bertahan hidup pada level tertinggi.

Pengecekan payudara bukan hanya dilakukan dengan Sadari, namun juga harus diperkenalkan sejak dini kepada perempuan yang sudah menstruasi. Lakukan Sadari setiap bulan pada hari ke tujuh sampai ke sepuluh, dihitung dari hari pertama menstruasi. Berharap lebih banyak anak muda yang paham mengenai kanker payudara supaya bisa menekan jumlah pasien stadium lanjut.

Cara Pemeriksaan Kanker Payudara:
1. SADARI (Periksa Payudara Sendiri)
2. USG Payudara untuk Usia di bawah 40 tahun sebaiknya dilakukan 2 tahun sekali
3. Mamografi payudara di atas 40 tahun sebaiknya dilakukan 1 tahun sekali 
Image Source by Google
Kemudian hadir pula Ibu Agnes Dewi adalah Marketing Manager PT Megariamas Sentosa. Oya tentang brand Sorella sudah pernah aku jelasin di event Sorella Trunk Show di Skye bisa baca selengkapnya DISINI. Ibu Agnes menjelaskan tentang tema acara ini yaitu  dimana #SorellaInnerBeauty Inner Beauty adalah philosophy dari SORELLA.  SORELLA percaya bahwa setiap perempuan memiliki inner beauty.  Kecantikan yang sejati bagi SORELLA adalah kecantikan dari dalam diri.  Perempuan SORELLA adalah perempuan yang percaya diri yang selalu berpikiran positif, rendah hati  dan peduli terhadap sesama. 
Ibu Agnes Dewi selaku Marketing Manager PT Megariamas Sentosa
Sesuai philosophy SORELLA yaitu Inner Beauty, maka SORELLA peduli dan berkomitmen penuh untuk mendukung dan meningkatkan kesadaran dan pengetahuan perempuan akan kanker payudara. Karena menurut survey WHO, 1 dari 8 perempuan di negara berkembang telah menderita  kanker payudara. Oleh sebab itu diperlukan berbagi pengetahuan mengenai gejala kanker payudara  dan kesadaran melakukan deteksi sedini mungkin (SADARI).
Acara ini bertujuan untuk lebih dalam mengenalkan campaign terbaru Sorella yaitu #SorellaInnerbeauty. Bahwa sejati nya perempuan Indonesia harus peduli kepada sesama dan sebagai bentuk kepedulian Sorella, Sorella secara nyata men support komunitas LOVEPINK Indonesia yaitu Komunitas Para Penyintas Kanker Payudara dengan mengeluarkan Bra Khusus untuk para Penyintas Kanker ini yaitu Mastektomi Bra.
Campaign yang sedang gencar sorella lalukan #allaboutinnerbeauty tercermin dari produk produk sorella Premium class yang tidak hanya mengutamakan nilai estetika tapi juga fungsi kesehatan. Hal ini karena sorella begitu peduli dengan kesehatan perempuan Indonesia. Produk tersebut adalah Body Contour Wellness Bra dengan beberapa kelebihan antara lain :
- Far Infrared Rays  (mempunyai fungsi detoksifikasi, mencegah radiasi elektromagnetik dan meningkatkan sirkulasi darah) pada bagian payudara.
- 3D Zero Pressure Wire bra dibuat dengan mengikuti bentuk payudara dan ketika dipakai tidak ada tekanan kawat  sehingga tidak menyebabkan sakit di sekitar payudara ketika bra dipakai karna kawatnya yang entur.
- Specialty Bra  Bamboo Bra (bahannya mengandung serat bambu dengan fungsi memperlancar peredaran darah,anti bakteri dan menghilangkan bau), Coffee Yarn ( mengandung bahan kopi dalam serat kainnya dengan fungsi membantu mencegah iritasi kulit dan anti oksidan)
- Mastectomy Bra untuk perempuan yang terkena Kanker payudara pasca pengangkatan payudara agar masih dapat tampil dengan sempurna.
- Beauty Inside (Post Mastectomy Enchancement breast Padding) sebagai pelengkap bra mastectomy diperlukan Padding khusus yaitu pengganti payudara palsu yang lebih dikenal dengan sebutan Prothesis. Dan Sorella akan segera mengeluarkan Prothesis Silikon sebagai bentuk kepedulian Sorella memenuhi  permintaan dari para survivor Breast Cancer tahun lalu di bali.
Acara selanjutnya kami para undangan yang hadir dipandu oleh trainer Farinia Ratna Juwita dari Lovepink Indonesia untuk melakukan gerakan cek SADARI (Periksa Payudara Sendiri). Gerakan ini merupakan ilmu penting untuk seluruh perempuan Indonesia mengenai gejala kanker payudara  dan kesadaran melakukan deteksi sedini mungkin (SADARI)
Farinia Ratna Juwita memandu gerakan SADARI
Aku pribadi juga selalu peduli dan merawat payudara sendiri dan mengingatkan juga kepada teman-teman ataupun saudara dengan interaksi secara langsung ataupun melalui tulisan salah satunya melalui media blog aku ini. 
Aku juga membeli produk Bra dari Sorella tujuannya adalah memang untuk menjaga bentuk payudara  tetap sehat dan nyaman karena produk-produk dari Sorella sudah pernah aku gunakan sebelumnya yang menurut aku sangat nyaman baik secara material bahan pembuat bra, ukuran serta bentuk yang bisa disesuaikan dengan usia. Dalam hal ini Sorella selalu mengutamakan kecantikan dan kenyamanan setiap perempuan, dengan produk-produk yang berkualitas. Sorella sudah melakukan berbagai inovasi-inovasi untuk memenuhi kebutuhan seluruh perempuan. Sorella percaya bahwa seluruh kepercayaan diri bermula dari dalam sesuai dengan filosofi dari SORELLA.

Serunya lagi acara ini juga ada DIY menghias topi pantai and this is so much fun... mau tau hasil karya menghias topi aku seperti apa? Taraaaa... ini dia :)
Jadi menurut aku sebagai seorang perempuan harus peduli dengan diri sendiri dengan menjaga kesehatan tubuh salah satunya menjaga payudara dengan melakukan cek payudara sedini mungkin. Biasanya kanker payudara terjadi pada jaringan payudara dengan penderita paling banyak adalah perempuan. Namun tidak menutup kemungkinan bahwa pria dapat terserang penyakit ini walau resikonya sangat kecil. Setiap penyakit mempunyai sebab dan akibat, tidak terkecuali penyakit ini. Nah bagi yang masih sehat aku ada sedikit tips cara mencegah kanker payudara seperti:
1. Mengkonsumsi makanan sehat seperti buah dan sayur seperti brokoli, kecambah, kubis, berry, jeruk, ceri.
2. Menghindari minuman atau makanan yang mengandung alkohol.
3. Berolahraga teratur minimal 30 menit sehari serta menjaga berat badan.
4. Banyak mengkonsumsi lemak omega-3 misalnya pada ikan, lemak tak jenuh tunggal karena bersifat anti kanker.
5. Mengkonsumsi karbohidrat sesuai dengan porsi atau dapat mengganti dengan kacang-kacangan yang mempunyai serat tinggi.
6. Mengkonsumsi produk-produk dari kedelai secara teratur misalnya tahu, tempe, susu.
7. Sebaiknya mencuci produk non-organik sebelum dimakan untuk membersihkan pestisida yang menempel.
8.  Jangan merokok.
9. Bagi yang sudah menikah dan mempunyai anak seperti aku alangkah baiknya menyusui atau memberikan ASI karena hal itu dapat membuat payudara lebih sehat dan terhindar dari kanker payudara.
Untuk informasi lebih lanjut tentang Sorella bisa kunjungi di :
Facebook : Sorella Indonesia
Instagram : @sorellaid
Thank you so much buat mbak Vibrie yaitu salah satu tim yang bertugas untuk acara seru ini sudah mengundang aku dan tentunya Sorella, serta yang telah mengatur acara ini oleh @unicornadcom juga acara berjalan dengan fun karena Supported media by www.womantalk.com ; www.grid.id ; www.nova.id & www.smartmama.com
Ok, sekian dari aku semoga bermanfaat  dan sampai jumpa di blogpost berikutnya. Jangan lupa follow my Blog, IGFBTwitter dan Youtube



33 comments:

maya rumi said...

seru banget mbak kania acaranya, bisa dpat ilmu buat cek cek payudara juga... thanks for sharing mbak

Mpo Ratne said...

Payudara Indah dengan pemakaian yabg benar, bahan dan ada infrared

Reh Atemalem said...

Langsung save gambar SADARI, buat bekel ngecek sendiri di rumah.

zata said...

suka banget sama tema acara Sorella dan Lovepink kemarin, udah banyak ilmu, banyak goodies, dan dekornya super cute !

Gita Siwi said...

Kamu cantik Kan...dukung ya brand yang udah punya nama ini untuk hal yang paling dekat dengan perempuan yang kadang terabaikan.

Sadewi said...

Dengan sering ikut acara semacam ini aku jadi lebih aware dengan kesehatan diri sendiri. Semoga kita selalu sehat yah kakak dengan menggunakan pakaian dalam yang tepat seperti sorella ini

idfipancani said...

jadi perempuan banyak tantangannya ya ternyata. Eh tapi kalo ttg kanker payudara, gak cuma perempuan loh yang rentan terhadap kanker satu ini, lelaki pun.

Wian said...

Kemarin teman perempuan aku habis diangkat kista di kedua payudaranya. Agak ngeri sih ya sebenarnya. Tp balik lagi ke gaya hidup kita, terutama makanan.

kurnia amelia said...

Semoga kita dijauhkan dari penyakit ini ya,, beberapa waktu lalu ikut acara suport survivor kanker payudara dan rasanya sedih banget liat para survivor.

nursaidr said...

Semoga tujuan dr loveoink indonesia dapat terwujud guna menurunkan dampak kanker payudara stadium lanjut kepada survivor. Aamin

D. Pusupa said...

Menarik juga ada bahan dari kopinya. Aku pernah punya teman yang mengalami kanker payudara, untunglah terdeteksi sejak dini. Sejak itu aku mulai belajar tentang cek sendiri.

Andiyani Achmad said...

kanker payudara, penting banget di SADARI sama semua perempuan di seluruh Indonesia bahkan di dunia ya. biar makin aware sama penyakit itu .

Suciarti Wahyuningtyas (Chichie) said...

Pemilihan bra juga sangat selektif nih kalau aku dan memang sebagai pengguna Sorella sejak lama, karena memang dipakainya enak dan nyaman. Apalagi kalau kurang tepat dalam menjaga payudara kita, bahaya banget ya.

Nurul dwi larasati said...

Menjaga kesehatan payudara menjadi prioritas buat wanita. Pelimihan bra yang tepat untuk menunjang kesehatan payudara.

Ivonie Zahra said...

Tiap ke mall dan baca brand ini daku makin penasaran nih mbak, soalnya belum pernah beli bra branded gitu :D

Honey Josep said...

Sports bra Sorella awet banget! Suka!

fenni bungsu said...

Jadi diingatkan akan pentingnya SADARI mulai dari sekarang

Catcilku said...

Kacang-kacangan bagus ternyata ya untuk mencegah kanker. Makasih infonya mbak

Agung Han said...

Semakin bertamabh usia musti semakin aware dg kesehatan

cici desri said...

kalo denger cerita tentang kanker payudara dari orang yang sudah pernah mengalaminya sendiri itu rasanya beda ya kak....

Hida said...

Kanker payudara memang salah satu momok menakutkan bagi perempuan. Sudah seharusnya kita melakukan sadari untuk mendeteksi dini adanya kemungkinan kanker payudara. Lebih baik lagi kalo kita melakukan tes mammografi.

FaniaSurya said...

Wah interiornya pinky-pinky nih.
Emang bener ya sbg wanita harus sadari terhadap kesehatan payudara suoaya bs terdeteksi lbh dini.

Diah Woro Susanti said...

Aku pernah denger katanya klo milih bra hati hati krn bs merusak kesehatan payudara

Kania Safitri said...

@Maya rumi iya beneran seru mbak ketemu temen-temen pula hehehe...

Kania Safitri said...

@Mpo Ratne iya mbak bener

@Reh atemalem iya silahkan di save mbak :)

@Zata iya setuju banget mbak acaranya komplit deh ya...

Kania Safitri said...

@Gita Siwi heheh... makasiy mbak Gita

@Sadewi iya main mbak juga sehat selalu ya...

@Idfipancani iya mas bener lelaki juga ada kemungkinan kecil terkena kanker payudara

Kania Safitri said...

@Wian iya serem ya mbak makanya kita harus SADARI sejak dini

@Kurnia Amelia iya sedih banget kalau dengar ceritanya jadi ikut merasakan sedihnya

@Nurdaidr amin ya mas

Kania Safitri said...

@D. Pusupa iya mbak harus cek dari sekarang

@Andiyani Achmad iya mbak biar aware semua perempuan

@Chiechie yess aku juga suka brand Sorella

Kania Safitri said...

@Nurul Dwi Larasati : iya mbak benera banget

@Ivonie Zahra : Bagus mbak beneran nyaman

Kania Safitri said...

@Honey Josep : Yeay benera brand Sorella di aku juga enak banget

@Fenni Bungsu : iya kita harus saling mengingatkan ya mbak

Kania Safitri said...

@Catcilku : iya mbak semoga membantu

@Agung Han : iya mas harus lebih sehat semakin tua

Kania Safitri said...

@Cici Desri iya lebih aware ya kita jadinya

@Hida : iya mbak

Kania Safitri said...

@Fania surya : iya dekornya gemesin

@Diah Woro Susanti : Iya mbak memilih bra itu penting demi kesehatan dan kenyamanan kita sebagai perempuan

Post a Comment

 

Beauty Diary Kania Copyright © 2011 Design by Ipietoon Blogger Template | web hosting