Friday, March 30, 2018

Investasi Jaman Now

Posted by Kania Safitri at 1:10 PM
Hello Beauties...

Kalau kalian yang sudah lama baca blog aku selalu ada saja aku bahas mengenai Investasi, memang tidak sering tapi dalam 3 bulan sekali coba deh perhatikan pasti ada bahas tentang keuangan yup menabung merupakan salah satu kegiatan yang menguntungkan. Mulai dari kecil aku sendiri sudah diajarkan oleh orang tua untuk menabung disekolah atau dirumah. Kebiasaan menabung memang harus ditanamkan sejak kecil mengingat begitu banyaknya manfaat dari menabung. Setiap orang idealnya memiliki tabungan masing-masing sehingga jika sewaktu-waktu terjadi kebutuhan uang secara mendadak dalam jumlah yang cukup besar dapat mengatasinya sendiri tanpa perlu berhutang dengan orang lain.

Siapa bilang kegiatan investasi hanya dilakukan orang yang matang secara keuangan. Generasi muda saat ini atau yang dikenal dengan generasi zaman now atau sering disebut ‘milenial’ yang sudah tidak asing dengan investasi untuk keperluan masa depan. Apalagi, generasi muda adalah usia-usia produktif seseorang. Di usia itu, kamu pun sedang sangat bersemangat bekerja. Investasi adalah hal yang mutlak dan sepatutnya dimulai sedini mungkin.

Pas banget ni aku menghadiri acara Sharing Seru Investasi Jaman Now bersama Pgadaian yang diadakan oleh C Channel pada hari Sabtu, 24 Maret 2017 berlokasi di Tanamera Coffee - Jakarta. Seperti biasa acara ini dihadiri oleh beberapa teman blogger juga teman-teman dari C Channel Indonesia. 
Setelah semua hadir, sambil mingle, foto-foto dan nyemil cantik acara dibuka oleh MC lalu dilanjutkan sambutan oleh Mr. Yamato Sasagawa selaku CEO C Channel Indonesia. Kemudian mr Yamato memberikan plakat dari C Channel Indonesia kepada seluruh pengisi acara pada saat itu. Nah nara sumber pada acara kali ini yaitu Bapak Teguh Budi Ismanto selaku Koordinator e-channel - PT. Pegadaian (Persero), Bapak Ngatawi selaku Deputi Bisnis Pagadaian Area Jakarta Selatan  - PT . Pegadaian (Persero) dan juga hadir Lyla Andalucia selaku fashion & beauty blogger.
Manfaat menabung memang tidak bisa dipungkiri kegunaannya bagi kehidupan, terlebih pada bidang keuangan. Tidak jarang orang yang berpenghasilan tinggi, namun tidak terlihat hasilnya. Hal tersebut bisa saja terjadi karena cara mengatur keuangannya yang belum benar yang ditambah pula dengan kebiasaan tidak menabung.

Lyla sudah terbiasa dengan investasi dari kecil, Orang tua Lyla selalu mengingatkan untuk membeli emas daripada membeli barang-barang lain yang harganya mahal.  Jadi sebelum jalan-jalan ke luar negri Lyla jadi suka menyisihkan uangnya untuk dibelikan emas terlebih dahulu. Karena kalau sudah membeli emas uangnya tidak dapat di ganggu gugat, dia berharap tidak tergoda untuk membeli tas, sepatu atau barang-barang lain yang harganya relatif mahal dan belum tentu cepat dijual kembali. Kalau sudah beli emas kapan saja perlu uang dapat dijual cepat dengan harga yang tidak terlalu turun malah cenderung stabil dan naik.
Bapak Ngatawi menjelaskan bahwa inflasi membuat jumlah barang yang dibeli dengan nilai uang yang sama jauh berkurang dibandingkan sebelumnya. Contohnya saja dulu 10 tahun yang lalu uang Rp. 15.000 bisa membeli 3 mangkuk bakso nah untuk jaman sekarang uang Rp. 15.000 hanya dapat 1 mangkuk bakso saja. Inflasi tidak bisa dihindari Inflasi seperti takdir, Dia pasti hadir.
Perlunya penempatan dana investasi  di produk keuangan yang solid dan dapat melawan inflasi. Maka disinilah kita perlu berinvestasi. Tujuan Investasi adalah keuntungan yang lebih besar.
Begitu banyak model investasi yang ditawarkan, diantaranya :

Tabungan : 
+Cara mudah, tergolong aman dan resiko kecil (low risk)
- Profit kecil (2% per tahun), tergerus inflasi dan ada biaya administrasi

Deposito : 
+ Profit lebih tinggi dibandingkan tabungan biasa dan resiko kerugian kecil (low risk)
- Tidak dapat ditarik sewaktu-waktu diperluka dan adanya resiko penalti

Properti :
+ Resiko kerugian kecil, Properti dapat sekaligus dimanfaatkan atau disewakan
- Proses sangat memakan waktu dan biaya, Aset properti bukanlah aset yang liquid.

Saham : 
+ Keuntungan tinggi bila laba perusahaan tempat investasi kita berkinerja dengan baik.
- Sebaliknya apabila perusahaan merugi maka saham kita terkena imbas bahkan hingga gulung tikar.

Forex : 
+ Keuntungan yang diperoleh bisa sangat tinggi,
- Resiko sangat tinggi karena bergantung pada stabilitas ekonomi global.
serta ada juga investasi dalam bentuk Obligasi dan Reksadana.

Faktor yang perlu dipertimbangkan
1. Kemananan (Security)
2. Resiko Rendah (Low risk)
3. Mudah dicairkan (Liquiditas Tinggi)
4. Adanya perlindungan (Protection)
5. Keuntungannya jelas

Jadi investasi apa yang paling tepat?
Tabungan emas merupakan pilihan investasi yang aman untuk menjaga nilai aset di masa yang akan datang. Harga emas yang relatif stabil, cenderung naik dan bebas dari inflasi menjadi pertimbangan penting ketika memilih emas sebagai pilihan investasi. Selain itu, emas juga memiliki likuiditas tinggi karena mudah untuk diperjual-belikan.

Secara turun-temurun, orangtua kita telah mengajarkan untuk menabung emas guna memenuhi kebutuhan di masa datang. Orang tua kita sejak dulu tealh menunjukkan investasi yang mampu melawan inflasi, yaitu dengan mengumpulkan emas.
Apa keunggulan yang dimiliki Emas?
1. Emas merupakan unsur yang awet dan tidak bisa terkorosi
2. Nilai emas tahan terhadap inflasi
3. Asetnya nyata
4. Dapat dengan mudah dijual atau dijadikan jaminan
5. Bebas pajak
6. Nilainya jarang turun bahkan cenderung terus naik
7. Perlindungan universal diakui semua tempat dan negara

Saran Bapak Ngatawi satu hal yang harus diperhatikan dalam investasi adalah jangan memusatkan uang dalam satu jenis investasi, sehingga jika investasi yang dipilih mengalami kerugian tidak mengalami kerugian total.

Tabungan Emas Pegadaian adalah layanan pembelian dan penjualan emas dengan fasilitas titipan. Artinya, Anda sebagai nasabah membeli sejumlah emas kemudian menitipkannya ke Pegadaian. Setelah mencapai jumlah tertentu kita bisa mencetak atau menjual emas yang kita miliki.

Berbagai pilihan cara berinvestasi emas :
1. Pembelian
2. Penyimpanan
3. Titip Jual
4. Penjualan
5. Gadai

Tabungan Emas Pegadaian layak dipilih sebagai investasi jaman now diantara banyak pilihan model berinvestasi seperti dalam bentuk tabungan, deposito, saham, tanah, dan sebagainya.

Menurut bapak Teguh Dengan tabungan emas, kita dapat mempersiapkan bisnis, biaya ibadah haji/umrah, liburan, biaya pendidikan anak, dan beragam kebutuhan masa depan lainnya. Kelebihan Pegadaian Tabungan Emas :
1. Tersedia di lebih dari 4000 outlet Pegadaian
2. Pembelian mulai dari berat 0.01 Gram
3. Order cetak emas mulai dari kepingan 1 Gram
4. Buyback yang kompetitif
5. Harga pembelian minimal 5000-an
6. Dikelola BUMN berpengalaman dan diawasi OJK
Kemudahan pembelian Pegadaian Tabungan Emas
- Outlet Pegadaian dengan OTP (On Time Password) dan Autodebet via Bank BNI
- ATM Bank – BRI, Mandiri, BNI
- Internet Banking  - BRI, Mandiri, BNI
- Pembukaan rekening dan top up tabungan Emas, serta transaksi tabungan emas (Transfer, jual, cetak) dapat dilakukan oleh Pagadaian Digital dan Agen Pegadaian


Untuk memudahkan para generasi milenial untuk berinvestasi di jaman now, Pegadaian mempunyai aplikasi di smartphone dengan mendownload Pegadaian Digital yang tersedia di Google Play dan App Store. Sehingga dapat memudahkan bertransaksi di smartphone dengan cepat dan mudah.


Caranya juga mudah cukup download lalu registrasi dengan mengisi data seperti nama, no. hp, email serta password setelah itu kita bisa langsung buka rekening Tabungan Emas dan men Top Up langsung saldo emasnya. Fitur-fiturnya juga lengkap serta mudah dipahami di aplikasi Pegadaian Digital
Serunya acara pada hari ini selain sharing seru tentang investasi jaman now juga banyak hadiah yang dibagikan C Channel dan Pegadaian. Aku juga jadi tambah pengetahuan seputar invesati jam now yang lebih menguntungkan dan minim resiko  dengan Pegadaian Tabungan Emas. Sekarang aku sudah download aplikasi dan punya investasi Pegadaian Tabungan Emas, yeay seneng banget! Yuk mulai investasi emas juga di Pegadaian Tabungan Emas. 
Aplikasi Pegadaian Digital dapat diunduh secara gratis melalui App Store dan Google Play. Informasi lebih lengkap mengenai Pegadaian dapat diakses melalui website di https://digital.pegadaian.co.id

Nah kalian sudah pada punya investasi belum? atau ada tips supaya bisa rajin menabung yuk share di komen bawah ini. Ok, sekian dari aku semoga bermanfaat  dan sampai jumpa di blogpost berikutnya.

Jangan lupa follow my Blog, IGFBTwitter dan Youtube.
Thank you and have a nice day :)


1 comments:

Farichatul Jannah said...

Baca ini jadi semangat berinvestasi nih...

Post a Comment

 

Beauty Diary Kania Copyright © 2011 Design by Ipietoon Blogger Template | web hosting