Thursday, March 15, 2018

Merawat Gigi Anak di Audy Dental Clinic

Posted by Kania Safitri at 10:26 PM
Hello Mom…

Bulan maret ini memang agak mager alias males gerak  (hahaha… padahal aku udah rajin lho as a mom dengan dua anak mengasuh) dan niat untuk nulis di blog aku ini selalu tertunda (ah alesan saja ya!). Sebagai orang tua selalu ada kesibukan baru seperti saat ini aku mulai cari sekolah untuk kaka Safa, les untuk adiknya. Kebetulan juga awal bulan maret ini aku juga ada agenda jalan-jalan ke Jogja yang setelah pulang dari sana badan rasanya capek banget. Nah mumpung sekarang masih tanggal belasan masih ada hari untuk semangat lagi dan memenuhi tulisan aku di blog sampai akhir bulan ini dengan beberapa tulisan yang sudah aku targetkan hehehe… Doakan semoga aku selalu sehat ya walaupun nulis ini di sisa-sisa tenaga aku mengurus anak-anak (ah lebay deh…)

Sebagai orang tua melihat proses tumbuh kembang anak merupakan suatu kebahagiaan tersendiri. Saat ini usia kaka Safa sudah 4 tahun dan adiknya 2.5 tahun. Saat ini aku lagi concern dengan kesehatan gigi anak-anak. Kondisi kesehatan gigi kedua anak aku memang berbeda-beda. Pastinya gigi si adik lebih bagus daripada si kaka karena aku sudah banyak belajar dari pengalaman anak pertama, agar tidak terjadi pada adiknya. Kondisi gigi kaka safa bagian depannya sudah mulai bolong atau karies. Sempat bingung dan khawatir bagaimana solusi agar menghentikan karies dan giginya kembali sehat.
Sejak usia dua tahun anak-anak sudah mulai diajak ke dokter gigi, memang sulit sekali awalnya untuk bertemu dokter gigi padahal hanya untuk mengecek tidak untuk melakukan tindakan apapun. Hal ini kami lakukan sebagai orang tua agar anak-anak mau memeriksakan giginya sejak dini, yaitu sejak mereka masih dalam periode gigi susu. Kunjungan ini tujuannya juga untuk memperkenalkan anak dengan dokter gigi dan ruangan prakteknya. 

Mau tau reaksi kaka Safa saat pertama kali ke dokter gigi? Awal masuk siy masih ceria karena ada balon dan arena bermain yang menyenangkan tapi saat memasuk ruang praktik dan diminta buka mulut drama nangis sambil tutup mulut pun dimulai. Hal ini wajar, karena bagi anak-anak, dokter gigi beserta peralatannya merupakan hal baru, bau yang tidak akrab di hidung, dan orang asing yang akan menyentuh bagian tubuh mereka.

Beruntungnya aku berteman dengan Annisa Rizki Amalia seorang dokter gigi spesialis anak, yang biasa aku sapa Icha. Nah saat konsultasi diluar jam praktek tentunya saat kita sebagi emak-emak hangout (tsah udah kaya abegeh hahaha…) mengenai gigi kaka safa ternyata gigi kaka safa yang sudah ada yang karies atau berlubang yang bisa diatasi dengan ditambal walaupun masih gigi susu dan tentunya tidak menghambat pertumbuhan gigi lainnya.

Sebelumnya aku jelaskan terlebih dahulu ya tentang karies ya  mom! Well… Karies gigi adalah sebuah penyakit infeksi yang merusak struktur gigi. Penyakit ini menyebabkan gigi berlubang. Jika tidak ditangani, penyakit ini dapat menyebabkan nyeri, penanggalan gigi, infeksi, berbagai kasus berbahaya, dan bahkan kematian. 

Selain itu juga ada istilah rampan karies yaitu karies yang terjadi sangat cepat pada gigi anak-anak pada gigi seri atas dan gigi geraham yang muncul dan menyebar secara luas menyeluruh mengenai syaraf gigi, bahkan mengenai daerah mahkota gigi dengan cepat juga permukaan gigi yang imun terhadap karies. Karies  dapat menimbulkan rasa sakit sehingga anak sulit makan dan rewel lho mom!
Jika karies sudah terlanjur terjadi pada anak, segeralah ke dokter gigi sehingga dokter gigi akan dapat segera merawat kondisi tersebut. Perawatan pada setiap anak tentunya akan berbeda, tergantung seberapa parah kerusakan gigi anak tersebut. Beberapa macam perawatan karies gigi anak, seperti :
1. Bila sudah ada abses atau kondisi gigi sudah non vital dilakukan perawatan saluran akar, perawatan ini butuh kesabaran dan beberapa kali kunjungan ke dokter gigi
2. Menghentikan proses karies dengan menumpatnya setelah semua jaringan karies dibersihkan
3. Anjuran untuk melakukan diet kontrol, seperti mengurangi makanan manis
4. Melakukan pemberian larutan fluoride pada gigi sebagai bentuk pencegahan, hal ini dapat dilakukan dengan penggunaan pasta gigi yang mengandung fluoride
5. Minimal sikat gigi dua kali sehari, pagi setelah sarapan dan sebelum tidur dengan menggunakan sikat gigi berbulu sikat halus dengan tingkat penggosokkan ringan ke gigi anak

Jangan anggap remeh kesehatan gigi dan mulut anak ya mom. Banyak orang tidak pernah membayangkan bahwa masalah gigi dan mulut anak dapat berpengaruh pada perkembangan anak. Maka dari itu, betapa penting perhatian orangtua terhadap kesehatan gigi dan mulut anak, terutama anak-anak yang masih balita. Sebab, kondisi gigi susu akan menentukan pertumbuhan gigi tetap si anak.

Kesehatan dan kebersihan mulut dan gigi adalah salah satu penunjang rasa percaya diri yang paling utama pada saat mereka dewasa nanti. Banyak sekali fungsi dari gigi susu atau gigi sulung seperti:
1. Berperan untuk mengunyah makanan.
2. Berperan untuk bicara, pengucapan kata-kata dengan tepat.
3. Berperan sebagai ruang untuk pertumbuhan gigi permanen sekaligus menentukan arah pertumbuhan gigi permanen agar tumbuh sesuai arah yang tepat.
4. Berperan untuk menambah nilai estetika.

Nah sekarang Mom sudah paham dong mengapa aku sangat intens peduli dengan kesehatan gigi anak-anak. Kemudian aku berencana untuk merawat gigi kaka Safa ke tempat prakteknya Icha yaitu di Audy Dental Clinic. Membujuk anak ke dokter gigi itu gampang-gampang susah lho mom. Perlu kerjasama antara orangtua dan dokter gigi agar anak mau periksa ke dokter gigi. Untungnya drg. Annisa yang ramah dan profesional untuk menghandle anak-anak sehingga periksa gigi bukan lagi hal yang menakutkan.

Jadi Audy Dental Clinic adalah klinik gigi spesialis terbesar dan terpecaya di Indonesia. Dengan komitmen memberikan layanan kesehatan gigi terdepan yang expert, profesional, berkualitas, lengkap serta up to date dengan teknologi berstandar internasional.
Saat kami datang disambut oleh tim pelayanan yang ramah dan sigap untuk memberikan pelayanan terbaik kepada setiap pasiennya. Disana aku dipersilahkan untuk isi data terlebih dahulu sebelum masuk ke ruang praktek. Setelah bertanya-tanya ternyata Audy Dental Clinic memiliki cabang yang banyak di sleuruh Jabodetabek lho Mom, kebetulan aku mengajak anak-anak yang di cabang Bintaro dekat dengan lokasi rumah. Ruang tunggu yang nyaman dilengkapi fasilitas TV dan free wifi access. Saat naik ke lantai atas terdapat ruang bermain anak yang menyenangkan.
Audy Dental Clinic tersedia perawatan gigi melingkupi perawatan basic/dasar kedokteran gigi, perawatan estetika /kosmetik kedokteran gigi yang modern seperti dental veneer, braces dan implant. Audy Dental juga menyediakan perawatan gigi anak, bedah, hingga perawatan gusi yang biasanya jarang dijumpai di klinik gigi lainnya.
Keunggulan dari Audy Dental yaitu :
1. Spesialistik yang lengkap dengan dokter lulusan terbaik,
2. Tim dokter sebagai pembicara dan trainer terkenal di bidangnya
3. Berpengalaman dalam melayani berbagai perawatan gigi
4. Postgraduate/sertifikasi dokter tingkat nasional dan internasional
5. Peralatan steril dengan standar internasional
6. Peralatan modern dan up to date
7. Dilengkapi alat rontgen
8. Kemudahan pilihan transaksi secara cashless
9. Kerjasama dengan perusahaan provider asuransi

Untuk periksa gigi anak sebaiknya ditangani oleh spesialistik kedokteran gigi anak merupakan bagian dari praktek kedokteran gigi yang berfokus pada kesehatan gigi dan mulut anak, seperti yang terdapat di Audy Dental. Tim dokter gigi spesialis anak Audy Dental telah melewati program studi dan pengalaman praktek yang mepersiapkan tim untuk memenuhi kebutuhan bayi, anak-anak dan remaja, termasuk anak dengan kebutuhan kesehatan khusus.
Layanan perawatan gigi anak di Audy :
1. Perawatan Umum
- Pemeriksaan rutin
- Pembersihan rutin
- Dental helath education
- Aplikasi flouride

2. Perawatan gigi berlubang
- Aplikasi sealnt
- Penambalan gigi
- Perawatan syaraf/saluran akar
- Pencabutan

3. Perawatan khusus
- Perawatan orthodonti
- Space maintainer
- Perawatan trauma gigi/darurat
- Perawatan anak berkebutuhan khusus

Saat memasuki ruang praktek kaka Safa juga terlihat santai melihat suasana ruang dokter yang nyaman, karena dilengkapi dengan layar untuk menonton video kesayang kaka safa yaitu my little ponny. Setelah di cek bagian mana yang bermasalah lalu drg. Annisa menginformasikan kepada aku apa saja masalah yang terdapat pada gigi kaka Safa setelah meminta persetujuan tindakan yang akan dilakukan dokter dan perawat beraksi membersihkan gigi, bahkan untuk bagian yang sulit dilakukan bor agar kotoran di dalam gigi keluar lalu proses penambalan gigi depan dan gigi geraham lainnya yang baru bolong kecil-kecil.
Surprisingly sekali kaka Safa juga sama sekali gak nangis bahkan happy saat proses pembersihan dan penambalan gigi oleh drg. Annisa Sp. KGA yang super friendly karena kaka Safa jadi tidak takut. 
Hasilnya gigi kaka safa pastinya sehat, bersih dan lebih bagus dong hehehe karena sebelumnya gigi kaka Safa depannya sudah mulai banyak bolong atau karies. Kaka Safa juga happy dan lebih percaya diri saat tersenyum pastinya terlihat lebih cantik kan… Setelah dari Audy Dental Clinic pastinya anak-anak jadi lebih rajin sikat gigi setiap hari dan kaka Safa jadi gak minum pakai botol susu lagi deh sekarang minum susunya sudah di gelas lho… makin hebat kan kaka Safa. Next time kita akan periksakan gigi setiap 6 bulan sekali agar gigi tetap sehat terawat.
Aku ada sedikit tips agar si Kecil mau diajak ke dokter gigi yaitu :
1. Supaya anak mau pergi ke dokter gigi, jelaskan pada anak apa saja pentingnya menjaga kesehatan gigi. 
2. Jangan pernah menakuti atau mengancam anak dengan sesuatu yang menakutkan, seperti “Kalau tidak mau makan, nanti giginya sakit dan dibor oleh dokter gigi”
3. Ajak anak untuk berkunjung ke dokter gigi saat giginya belum bermasalah. Hal ini bertujuan agar anak tidak takut saat dia benar-benar memerlukan tindakan.
Mulai tumbuhnya gigi merupakan proses penting pertumbuhan seorang anak. Orang tua harus mengetahui cara merawat gigi anaknya. Gerakan motorik pada anak balita belum mampu menggerakan sikat gigi secara benar pada saat dia membersihkan gigi. Peran ibu dalam upaya meningkatkan kesehatan gigi dan mulut anak dapat dilihat dari sikap dan perhatiannya terhadap perawatan gigi dan mulut anaknya. Orang tua juga harus mengajari anaknya cara merawat gigi dengan baik, yaitu dengan memberi contoh cara menyikat gigi yang benar.

Untuk anak yang usianya di bawah lima tahun kebersihan giginya masih sangat tergantung kepada orang tua, terutama ibu, yang mempunyai peran sangat dominan dalam upaya pencegahan penyakit pada gigi dan mulut serta mencegah karies gigi pada anak.

Untuk informasi lebih lanjut tentang Audy Dental Clinic  kamu bisa cek di :
Line @audydental
Instagram : @audydental
Telepon : 021-29219170
WA : 08128257 5375
Nah mom gimana kondisi kesehatan gigi si Kecil? Kalau sudah karies yuk segera cek ke dokter gigi anak atau ada yang punya pengalaman seru seputar merawat gigi anak? Share di comment bellow ya... Ok, sekian dari aku semoga bermanfaat  dan sampai jumpa di blogpost berikutnya. 

Jangan lupa follow my Blog, IGFBTwitter dan Youtube.
Thank you and have a nice day :)
  

12 comments:

annisa amalia said...

waw gigi kakak safaa bagusnyaaaa. sehat2 terus ya anak cantik

www.annisaramalia.com

Agung Han said...

Jadi cantik setelah gigi itemnya bersih :)

Catcil Ku said...

dentalnya kayak rumah sendiri disainnya, jadi bikin nyaman anak untuk ke dokter gigi ya

D. Pusupa said...

Wah kliniknya nampak nyaman buat anak-anak.

Maria Soraya said...

anakku giginya kayak kakak safa, baru tau klo gigi anak2 pun bisa ditambal ... makasih ya mbak kania, aku jadi pengin ajak anakku ke dokter gigi

lita chan lai said...

jadi inget gigiku masih kecil. untung mama bawa aku ke dokter gigi. sampe skr gigiku rapi gada bolongnya.

Marga Apsari said...

Rapi banget tambalannya! Kayak asli banget, malah nggak kayak tambalan :))

Sadewi said...

Penting banget yah merawat gigi si kecil sejak dini

Oline said...

Jadi inget anakku harus segera ke dokter gigi karena ada bakat karies nih..:( CUma belum nemu waktu dan dokter gigi yang pas

Wian said...

Horeeee gigi kelincinya jadi baguuss...0

FaniaSurya said...

Siadek pinter yamau periksa ke dokter gigin

mude mudrikah said...

Hasilnya rapi y mba, ini telaten bgt pasti dokternya. Aku jg gemes pngen bawa ponakan ke dokter gigi, duh susah bgt mereka kalo diajak buat merawat gigi.

Post a Comment

 

Beauty Diary Kania Copyright © 2011 Design by Ipietoon Blogger Template | web hosting