Friday, March 23, 2018

Pentingnya Gaya Hidup Sehat Bersama SERTA Mattress

Posted by Kania Safitri at 12:08 AM
Hello Beauties…

I need more time to sleep please… itulah yang sering aku rasakan disela-sela menjalani aktivitas sehari-hari menjadi ibu rumah tangga. Saat melakukan aktivitas hobby aku saja bisa dilakukan setelah anak-anak tidur salah satunya ya nulis blog ini. Setiap kali bangun tidur kadang badan malah capek semua, tidak bergairah dan merasa kurang tidur. Ini yang sering aku alami. Ternyata tidur aku selama ini belum berkualitas. Kata lainnya ya tidur aja, matanya merem udah, tidak membuat refresh dan nyaman.
Pas banget niy hari Selasa, 21 Maret 2018 di Living Soul Plaza Indonesia - Jakarta aku menghadiri acara The Essential of Healthy Lifestyle Class for Bloggers yng diadakan oleh Serta Mattress Indonesia #sertahealthylife. Ketika di tanya mba Wenny selaku MC apakah sudah tidur berkualitas selama ini? Aku sendiri masih bingung dan bertanya-tanya, karena merasa belum bisa tidur berkualitas.
Acara ini menghadirkan Bapak Mukti Argo Pambudi selaku Brand Manager Serta® USA, mengungkapkan bahwa manusia menghabiskan  sepertiga waktu hidupnya untuk tidur. Jadi tidur adalah investasi hidup. Tidur juga merupakan proses re-charge tenaga untuk aktivitas selanjutnya. Tidur yang berkualitas membutuhkan tempat yang nyaman dan enak, karena posisi tidur yang salah akan berakibat fatal.untuk memenuhi kebutuhan akan tempat tidur yang berkualitas.
Pola hidup masyarakat khususnya di kota besar cenderung mengabaikan kualitas tidur yang baik. Padahal, hal ini akan sangat berpengaruh pada hari tua. Tidur merupakan  investasi, karena sepertiga hidup kita berada diatas tempat tidur. Serta merk mattress nomor 1 dari USA dengan tagline baru Serta® USA, “Always Comfortable” memberikan solusi dengan mengembangkan produk tempat tidur sesuai kebutuhan masyarakat Indonesia. Membeli mattress atau kasur, ibarat investasi kesehatan. Karena hampir setiap hari dipakai, setelah berkegiatan seharian penuh. kasur atau mattress dapat mendukung kesehatan seseorang, baik dari segi fisik dan psikis.

Kualitas tidur ada 2 klasifikasi utama, tidur sendiri dibagi menjadi 5 tahap:
1. NREM : Non-Rapid Eyes Movement (Tahap 1-4)  di fase inilah seseorang akan tidur sangat nyenyak. Tahap ini juga menentukan kesehatan mental. Jika NREM tidak tercapai, akan menimbulkan rasa tidak nyaman pada saat bangun. NREM sangat memerlukan situasi yang nyaman. Oleh karena itu pemilihan tempat tidur yang baik sangat penting agar proses tidur ini bisa terjadi dengan baik
1. Stage Transition from wakefullness to sleep
2. Stage Light Sleep
3. Stage Transition from Light sleep to deep sleep
4. Stage Deep Sleep : restores Physical Health

2. REM yaitu proses menjelang tidur.  Pada proses ini terjadi perbaikan sel - sel tubuh.
5. Stage which restores mental & emotional health
Produk Mattress Serta ini memiliki komponen atau bagian.
Comfort
Merupakan bagian dari kasur lapisan yang terdiri dari beberapa lapisan yang memberikan kenyamanan. Bagian ini ini merupakan lapisan paling atas yang bersentuhan langsung pada kulit yang dapat memberikan rasa rileks dan mengurangi gangguan selama tidur.

Beberapa fitur SERTA yaitu :
- Adaptive Dynamic Cooling System, suatu teknologi di dalam bahan kain mattress yang akan membuat permukaan matras jadi lebih nyaman dan temperatur tubuh seseorang saat tidur menjadi lebih dingin. Dengan memanfaatkan pelepasan moisture atau cairan tubuh berupa keringat atau uap.

- Teknologi kedua adalah Luxurious Comfort  Layer, jenis kain yang digunakan paling luar adakah kain knit yang berasal dari Belgia. Lalu di bagian dalam, ada bahan wool, dan latex layer.

Support
Merupakan bagian pendukung berada di bawah kasur, dalam bentuk pegas & lateks. Perangkat pendukung merupakan bagian penting yang dibutuhkan untuk tulang belakang, untuk membuat badan tetap sehat dan selaras dalam posisi alamiahnya, memberikan dukungan posisi tulang punggung terbaik saat tidur.
Untuk kualitas per atau spring, produk-produk Serta menggunakan 7 Zone Pocket Spring. Per atau spring yang digunakan akan menyesuaikan bentuk tubuh kita. Biasanya kalau kita tidur, beberapa titik tubuh punya titik tumpu yang berbeda-beda. Tujuannya supaya tidak melawan berat badan tubuh, karena kalau dilawan, yang badan akan sakit-sakit ketika bangun tidur. Teknologi ini bakalan berguna banget, buat mempertahankan kesehatan tulang, apalagi seperti aku, yang sehari-hari duduk anteng ngetik di depan laptop, iya kaaan… iya dooong…

Acara ini juga menghadirkan Alvin Hartanto sebagai Ahli Gizi yang menjelaskan tentang beberapa alasan pentingnya tidur yaitu :
1. Istirahat otak dan meningkatkan kreativitas
2. Mengurangi stress
3. Istirahat fisik otot, sendi dan tulang
4. Istirahat organ (detox)
5. Meningkatkan hormon di tubuh
6. Meremajakan sel-sel di tubuh
7. Memberikan efek “self healing”
"Uang bisa dicari tapi kesehatan tidak bisa dibeli"

Good Sleep = Good Metabolism
- Ketika malam hari hormon kita akan mencapai puncaknya dan terjadi pembakaran lemak yang disebut dengan “Liposis" 
- Ketika kita cukup tidur, kita akan membakar lemak lebih banyak daripada saat kurang tidur.
- Proses “Liposis” yang tidak efektif bisa meningkatkan trigliserida dalam darah yang nantinya bisa menaikan kolesterol kita.

Bagaimana untuk menjaga kesehatan
- Makan hanya makanan yang alami
- Exercise 2-3 times/week
- Sleep
- Repeat

Bahayanya kurang tidur
1. Menaikan hormon leptin, yang bisa meningkatkan nafsu makan
2. Bisa menaikan kadar kolesterol dalam tubuh
3. Metabolisme melambat
4. Tidak Fit dan mudah lelah
5. Gampang terkena penyakit
6. Menurunnya produktivitas sex akibat penurunan hormon
7. Naiknya berat badan

Tips tidur cepat
1. Hindari kafein diatas jam 4 sore
2. Mandi dengan air hangat
3. Suhu ruangan yang tepat
4. Hindari olahraga di malam hari
5. Hindari Blue Light
6. Saat tidur pastikan 100% lampu padam
  
Tidur berkualitas bisa diciptakan dari 3 hal sederhana sebagai berikut :
1. Good Bed
2. Healthy Meal
3. Body Stretching

Kemudian hadir pula Mbak Diana selaku Yoga Expert dan hynotherapist yang memberikan kita latihan bersama-sama untuk melakukan gerakan-gerakan agar tidur kita terbebas dari pikiran-pikiran yang mencemaskan atau terbebas dari pikiran yang stress atau tegang. Tahap pertama kita belajar mengenai pernapasan yang dilakukan dengan pernapasan perut sehingga tunuh kita bisa lebih rileks. Kemudian kita bisa membedakan posisi kita dari tegang dengan menggenggam kuat-kuat kepalan tangan lalu menghempaskan dalam posisi serileks mungkin. 
Kemudian kita juga coba pake pendulum. Taruh pendulumnya pas di depan wajah kita, fokus ke satu titik, bikin badan ngerasa rileks, dan gerakin atau berhentiin pendulumnya dengan kekuatan pikiran kita. Pendulum ini bisa bikin kita jadi lebih tenang secara emosional dan akhirnya bisa tidur lebih nyenyak dan berkualitas juga lho… coba deh!
Kemudian dari sesi tanya jawab aku juga mendapatkan banyak informasi dari pertanyaan-pertanyaan dari peserta yang dijawab oleh ahlinya. Jadi tidur itu bukanlah akhir dari sebuah hari, tapi tidur merupakan awal dari sebuah hari. Kan kalau, kita melakukan aktivitas seharian, modal kesehatan fisik dan psikis yang bugar penting banget. Tidur adalah aset. Dan tidur merupakan awal kehidupan manusia untuk menuju hari mendatang.  Jika tidurnya berkualitas, maka hari juga akan berkualitas. Betapa tidak karena bila bangun tidur merasa nyaman, mood pasti juga akan baik dan aura terpancar cerah. Semangat menyongsong menjemput rejeki pun ikut bertambah.
Oya aku juga jadi tau dari Pak Mukti Argo kalau di Living Soul memang menjual khusus produk furniture dan mattress dari USA Ada 4 produk dengan keunggulan masing-masing dengan kualitas terbaik.
1. King Koil, merupakan tempat tidur dengan kualitas tertinggi yang dibuat dengan teknologi terbaru. King Koil hadir memenuhi selera masyarakat yang menyukai tempat tidur bergaya klasik.
2. Serta , dengan tagline nya "always comfortable"  Serta adalah matras nomor 1 yang dipakai oleh masyarakat America. Di desain untuk memenuhi kebutuhan masyarakat bergaya modern, Serta menerapkan teknologi adaptive dynamic system yang membuat suhu matras lebih dingin di malam hari
3. Florence merupakan brand yang hadir untuk memenuhi pangsa pasar menengah di Indonesia. Florence memberikan pilihan produk dengan harga terjangkau namun tetap unggul dalam kualitas
4. Tempur, brand yang satu ini menggunakan teknologi beding yang digunakan para astronot NASA untuk tidur diluar angkasa, dengan material khusus yang nyaman dipakai diluar angkasa tentunya akan memberikan kenyamanan maksimal ketika digunakan di bumi.

Dari ke 4 brand tersebut, tentunya semua dihadirkan sesuai kebutuhan masyarakat yang bervariasi. Dan sesuai dengan kemampuan daya beli masyarakat.
Perlu diingat juga nih tips membeli tempat tidur dari Bapak Mukti Argo :
1. Lihat kualitas material dari tempat tidur tersebut. Apakah cukup halus dan lembut.
2. Cobalah selama 5 menit dengan posisi tidur favorit kalian dan rasakan tempat tidur tersebut, karena tempat tidur awal yang sangat penting untuk menemani sepanjang hidup. Jangan hanya dipegang, jangan hanya duduk. Karena kasur bukan sofa, hehe.. Jangan khawatir, karena tim sales akan mempersilakan dan sabar menunggu.

Jadi sudah tau, harus berinvestasi memilih kasur yang mana ? jangan pernah anggap remeh kenyamanan saat tidur ya. Semoga informasi ini bermanfaat.


7 comments:

Nucky Prayanta Natalius said...

wah memang gaya hidup sehat sangat penting buat kita semuanya nya.. oh iya kalau dilihat hidup sehat bersama mattress nya cukup menyenangkan sekali.

Obat Flek Hitam Terbaik said...

terimakasih kak atas informasinya, sngat bermanfaat bnget

Erny Kurniawati said...

Mungkin aku yg sering bobo di atas jam 1 malam ini bakalan bisa tidur lebih cepat kalo punya kasur ini yah hehe... Pengen deh soalnya aku cuma pake kasur busa biasa dan indeed seringnya pas bangun badan pegel ahha

Leeviahan said...

wah king koil, satu satunya brand kasur yang paling hapal dan diinget hihihi, thanks infonya akak kania ku langsung cus ke webnya mau intip"kasur yg bagus buat di jadiin wishlist :D

Tira Soekardi said...

memang tempat tidur juga mempengaruhi tubuh dab tidur kita ya, jd hrs cari yang bikin eak di tubuh

Ustazah Fenny said...

pasti nyenyak tidurnya :)

Cinemax21 said...

bener mas apa yang mas tulis, saya setuju dan terimakasih atas tips dan infonya :)

Post a Comment

 

Beauty Diary Kania Copyright © 2011 Design by Ipietoon Blogger Template | web hosting