Monday, September 17, 2018

Bermain Sambil Belajar di Wahana Jejak Nutrisi

Posted by Kania Safitri at 6:16 PM
Hello Bunda...

Perjalanan ke Jogja kali ini aku punya cerita yang seru, tentunya sayang banget kalau aku simpan sendiri karena cerita ini bukan cuma bermanfaat buat para orang tua tapi juga untuk si Kecil. Jadi pada hatri Jumat. 14 September 2018 aku datang menghadiri aacra Wahana Jejak Nutrisi Petualangan Pabrik Susu persembahan SGM Eksplor. Acara ini di adakan di Taman Pintar Yogyakarta. Untuk mewujudkan komitmen mendukung terwujudnya Anak Generasi maju dengan menghadirkan Wahana "Jejak Nutrisi", wahana edukatif yang berlokasi di Taman Pintar Yogyayakarta. Wahana ini berisikan permainan untuk mengasah 5 Potensi Pretasi si kecil yaitu tumbuh tinggi dan kuat, percaya diri, cerdas kreatif, mandiri dan supel.
Seneng deh kalau ada brand susu yang peduli untuk kebutuhan si Kecil, salah satunya bentuk dukungan SGM Eksplor kepada Taman Pintar yang merupakan arena rekreasi keluarga yang sarat akan sains dan teknologi dilandaskan pada komitmen dari perusahaan untuk membantu tumbuh kembang anak Indonesai khususnya anak-anak di Yogyakarta dan sekitarnya agar menjadi Anak Generasi Maju.
Bermain ke Taman Pintar merupakan salah satu pilihan tepat untuk rekreasi keluarga bersama si Kecil. Hadirnya wahana jejak nutrisi di Taman Pintar Yogyakarta yang menyerupai pabrik susu Sarihusada ini memberikan kesempatan kepada pengunjung untuk mendapat gambaran mengenai proses pembuatan susu SGM Eksplor yang didasari dengan riset ilmiah panjang dan teknologi yang mutakhir. Wahana ini menghadirkan permainan interaktif bagi anak-anak bertema perjalanan dalam pembuatan produk SGM Eksplor di pabrik Sarihusada seperti proses simulasi sterilisasi susu sapi, pengecekan standar higienitas saat masuk pabrik, meramu bahan baku produk, hingga proses packing produk. Wahana Jejak Nutrisi memberikan edukasi dan mengasah imajinasi si kecil melalui pengalaman interaktif, sehingga dapat mengembangkan 5 Potensi Prestasi Anak Generasi Maju.
Acara ini dihadiri GKR Bendara seorang ibu dan tokoh masyarakat yang menyambut positif hadirnya wahana jejak nutrisi di Yogyakarta. Beliau sebagai seorang ibu merasakan sarana bermain dan belajar sangat dibutuhkan oleh anak-anak dalam tumbuh kembangnya, apalagi dalam bentuk macam permainan yang melibatkan interaksi positif dengan lingkungan. Taman Pintar memiliki misi untuk membantu mencerdaskan anak-anak di Yogyakarta dan sekitarnya agar dapat tumbuh pintar, mandiri dan bisa bersosialisasi dengan baik sehingga dapat berkompetisi dengan anak-anak lainnya di Indonesia. Lebih jauh Ia menambahkan kalau Beliau sangat senang dengan komitmen berkelanjutan dari Sarihusada sampai hari ini yang peduli akan tumbuh kembang anak-anak di Indonesia khususnya Yogyakarta bukan hanya melalui nutrisi tapi juga aksi positif sehingga diharapkan anak-anak di Yogyakarta dapat menjadi Anak Generasi Maju.
Pada acara kali ini juga hadir mbak Talitha Andini Prameswari selaku Digital Community & Social Project Manager Danone ELN Indonesia yang menjelaskan tentang Wahana Jejak Nutrisi degan sebutan "Petualangan Pabrik Susu", anak-anak dan pengunjung dapat memiliki pengalaman berada di pabrik Sarihusada, termasuk merasakan bagaimana Sarihusada mengedepankan higienitas, kemanan dan kualitas produk. Pertama, anak dapat menggunakan jas laboraturium melalui Augmented Reality Games dan bermain stimulasi sterilisasi susu sapi untuk membunuh bakteri dalam susu. Selanjutnya, anak akan belajar cara membuat susu SGM Eksplor melalui Mix City Game, dimana anak akan memasukkan komponen nutrisi yang dapat melengkapi kebutuhan nutrisi anak sesuai tahap tumbuh kembangnya. Setelah itu, rangkaian Pack Hero juga hadir untuk mengajak anak membantu pengemasan susu SGM Eksplor agar bisa dinikmati seluruh anak Indonesia. Di wahana yang sama, ditunjukkan juga bahwa produk Sarihusada merupakan hasil kolaborasi para ahli di tiga negara, yaitu Sarihusada dan Nutricia di Indonesia, serta peneliti di Nutricia Research Center di Belanda dan Singapura yang fokus membantu Ibu melengkapi asupan nutrisi si Kecil.
Kemudian Ibu Nessi Purnomo, MSi. Psikolog, mengatakan "permainan interaktif seperti Wahana Jejak Nutrisi sangat baik untuk mengasah 5 Potensi Anak Generasi Maju. Dalam permainan ini, anak akan mendapatkan stimulasi positif dari semua permainan yang ada untuk mengasah Cerdas Kreatif Anak. Kemudian untuk aspek motorik bisa di stimulasi diantaranya melalui permainan milking cow simulation, pack hero dan sterilization stimulation agar anak dapat membuat anak menjadi supel, mandiri dan percaya diri." Ibu Nessi juga menambahkan, manfaat lain yang bisa didapat dari wahana Jejak Nutrisi adalah pemahaman akan proses salah satunya pembuatan nutrisi yang memerlukan proses panjang, sehingga anak adapat menghargai nutrisi seperti salah satunya susu, yang tersaji bagi mereka setiap hari.
Sarihusada adalah salah satu perusahaan produsen produk susu pertumbuhan yang telah lebih dari 60 tahun dikenal oleh masyarakat Indonesia. Berbagai usaha pemenuhan nutrisi dan kegiatan edukasi oleh Sarihusada selaras dengan visi dari Danone di Indonesia yaitu One Planet One Health. Melalui berbagai produk bernutrisi dan edukasi yang dilakukan oleh kelompok usaha Danone di Indonesia, memastikan bahwa kehadirannya dapat memberikan kesehatan ke sebanyak mungkin masyarakat dunia dan khusunya untuk Indonesia.
Kami semua yang hadir pun diajak memasuki Wahana Jejak Nutrisi di bagian Gedung Kotak lantai dua Taman Pintar yang pada saat itu memang baru saja dibuka.

Sesuai dengan penjelasan sebelumnya aku memasuki Wahana Jejak Nutrisi ini ada beberapa wahana interaktif seperti :
Milking Cow Simulation :
Wahana ini menstimulasi kecerdasan, lewat memperluas wawasan tentang proses memerah susu sapi. Selain itu si Kecil juga jadi mengenal, berbagai bentuk benda, jenis sayur, jenis buah dan berbagai jenis protein.
Sterilization Simuation :
Saat menggerakkan tuas tangan, aspek tumbuh tinggi dan kuat jadi terasah. Si Kecil juga belajar kemandirian karena harus melakukannya tanpa bantuan. Kecerdasannya juga terstimulasi, lewat peningkatan wawasan tentang pentingnya proses sterilisasi.
Pop Suit Mania :
Kreativitas si Kecil diasah, lewat mengajaknya berimajinasi menggunakan jas lab. Iapun belajar lebih supel saat mengantri dan mengajak teman-temanyya bermain wahana ini bersama.
Mix City Game :
Lewat wahana ini si Kecil belajar memperluas wawasan tentang elemen nutrisi dan kandungan gula. Kreativitasnya juga terasah, karena ia perlu memikirkan beberapa alternatif untuk dapat menjalankan wahana ini. Saat ia berhasil, tentu saja ia jadi semakin percaya diri!
Countries Collaboration Video :
Belajar bahasa akan meningkatkan kecerdasan si Kecil. Apabila ia menguasai banyak bahasa, tentu saja ia kaan semakin mudah bergaul dengan siapapun dan jadi semakin supel.
Pack Hero :
Tidak sekedar menginjak, si Kecil harus mengarahkan kakinya. Kegiatan ini mengasah aspek tumbuh tinggi dan kuat. Wawasan yang lebih luas tentang pengemasan susu sampai distribusinya kepada konsumen, akan meningkatkan kecerdasannya. Iapun belajar bekerja sama dengan teman lain dan menjadi lebih supel.
Milk Production Process Steps :
Memutar tuas tangan akan meningkatkan aspek tumbuh tinggi dan kuat. Wawasannya tentang proses produksi susu dari awal sampai akhir akan meningkatkan kecerdasannya. Rasa percaya diri dan kemandiriannya juga meningkat saat ia mencoba melakukan sendiri. Karena dapat melakukan bersama teman, ia juga belajar lebih supel.
Wah aku aja yang sebagai orang tua senang banget berada di Wahana Jejak Nutrisi Petualangan Pabrik Susu apalagi si Kecil pasti akan menambah pengalaman, pengetahuan bermain sambil belajar sehingga dapat mendukung menjadi Anak Generasi Maju karena Wahana ini berisikan permainan untuk mengasah 5 Potensi Pretasi si kecil yaitu tumbuh tinggi dan kuat, percaya diri, cerdas kreatif, mandiri dan supel.
Terima kasih sudah mampir di postingan aku kali ini semoga bermanfaat dan  dan sampai jumpa di blogpost berikutnya. Jangan lupa follow my Blog, IGFBTwitter dan Youtube.

Thank you and have a nice day :)


24 comments:

Nurul Rahmawati said...

Seru bgt wahananya SGM.

Anak2 pasti demen bgt nih

Nchie Hanie said...

Keren banget wahana SGM nya,Jogja makin kece..
Pastinya menjadi tempat paporit anak2..bisa bermain sambil belajar yaa..

Suciarti Wahyuningtyas (Chichie) said...

Kemarin ke Jogja belum ada si Jejak Nutrisi nanti kalau kesana mampir ah bawa si kelvin.

idfipancani said...

ada kolam susu juga gak? ya kalik bisa berenang2 di kolam susu :)

Tati Suherman said...

Si kecil semakin pintar aja nih, ada wahana terbaru kalau ke Yogya ya

Mpo Ratne said...

Jejak nutrisi , taman pintar membuat anak semakin semangat minum susu setiap hari

Andri Mastiyanto said...

Wah Wahana SGM nya keren kayak taman pintar

Andiyani Achmad said...

SGM selalu bikin acara yang berkualitas dan bermanfaat buat ibu dan anak-anak

kurnia amelia said...

Wahh seru ya tempatnya , anak-anak juga bisa belajar mengenai nutrisi juga.

Gita Siwi said...

Senang ya datang langsung ke pabrik Susu yang suasananya mengakomodir banget. Jadi antara bunyi iklannya dan aplikasinya langsung sama. Good!

Diah Woro Susanti said...

Wuah udh lama banget aku ga ke Taman Pintar di Jogja. Makin banyak wahana asik dan seru ya spertinya. next diagendakan ah

nursaidr said...

Wisata edukasi yang menarik untuk dikunjungi nih... keren. Bisa memgenal seluk beluk proses pembuatan susu dan segala macam nutrisinya.

Honey Josep said...

itu di Taman Pintar, wah makin bagus!

Miranti | jendelakeluarga.com said...

wahh seru2 ternyata wahananya, keren ih edukatif semuaa, penasaran pengen liat langsung kesana kalo pas main ke jogja

cici desri said...

oh idenya berawal dari kebutuhannya sendiri akan wahana ermain yang sekaligus bisa membuat anak belajar. wah kalo deket pengen juga sih kak kesana.

zata said...

wih ada wahana jejak nutrisi, keren banget idenya, suka. SGM emang selalu ngasih yang terbaik ya buat konsumennya, salut...

Hida said...

Waaw..lengkap banget mbak...ini mah bisa bikin betah anak2 ya, gak kerasa kalo sebenernya mereka sedang belajar tapi sambil bermain ya. Makasih infonya mbak.

Marga Apsari said...

Lengkap! Keren banget! Semoga kalau nanti aku udah berkeluarga, wahana ini masih bagus dan terawat :D

Liswanti Pertiwi said...

Seru banget ya kita main di Wahana ini

Wian said...

Bisa jadi wisata edukatif nih ya..

Faridilla Ainun said...

Waaaah, mau banget nih. biasa kalau mudik via Jogja nginep deket Taman Pintar. Thanks infonya mba :)

elda elvira said...

Wuuiiihh kereenn... Jadi pengen ke sana ajak krucil bun.

unggulcenter said...

pas banget tuh lokasinya di Taman Pintar ya jadi emang cocok nih

FaniaSurya said...

Taman pintarnya bagus nih buat edukasi anak.jadi pengen ngajakin ponakan kesini juga.

Post a Comment

 

Beauty Diary Kania Copyright © 2011 Design by Ipietoon Blogger Template | web hosting