Tuesday, May 22, 2018

Cepat Tanggap Dimulai Dari Otak Si Kecil

Posted by Kania Safitri at 7:12 PM
Hello Mom…

Si Kecil sudah bisa apa sekarang? Pasti pertanyaan itu sudah terbiasa di dengar oleh para Mom, karena keluarga dan lingkungan sekitar ingin mengetahui bagaima perubahan yang terjadi pada si Kecil. Pengertian tumbuh kembang sendiri adalah suatu proses bertahap, dinamis, dan berkelanjutan. Faktor yang berpengaruh terhadap pertumbuhan dan perkembangan si Kecil dipengaruhi faktor Stimulasi, Nutrisi dan faktor bawaan atau Genetik. Proses perkembangan anak akan optimal diperlukan suatu stimulasi yang berfungsi agar potensi si anak berkembang juga diperlukan interaksi sosial yang sesuai kebutuhan anak di berbagai tahap perkembangannya.

Melihat anak tumbuh dan berkembang dengan baik tentu jadi harapan orang tua. Moms, berbagai cara bisa dilakukan untuk mendukung proses tumbuh kembang anak. Salah satunya dengan pemberian nutrisi yang sesuai dengan kebutuhannya. Agar nutrisi dapat mendukung tumbuh kembangnya, menjadi anak hebat dengan tangap yang lengkap.
Mom… si Kecil dapat tumbuh dengan Tangap yang Lengkap itu dimulai dari otaknya loh!Nutrisi yang tepat untuk perkembangan otak si kecil mendukungnya tidak hanya memiliki kecerdasan intelektual, tapi juga kecerdasan emosional dan kecerdasan sosial.

Setiap orangtua tentu menginginkan buah hatinya tumbuh sehat dan cerdas dengan tanggap yang lengkap. Untuk mewujudkannya, banyak hal yang harus dilakukan orangtua, salah satunya dengan memerhatikan asupan nutrisi yang mendukung perkembangan otaknya yang sesuai bagi anak. Status gizi anak dalam masa pertumbuhan berperan penting terhadap perkembangan fisik, sosial, dan juga mental. Jadi perlu kita ketahui Faktor-faktor yang berpengaruh terhadap optimalisasi fungsi Otak :
- Keseimbangan energi
- Mikrobiota khusus
Periode perkembangan dan pertumbuhan fisik anak sangat pesat, sehingga perlu diberikan nutrisi otak yang tepat agar pengembangan sistem imun tubuh anak, otak dan pertumbuhan fisiknya berjalan optimal. Dalm hal ini Nutrisi merupakan zat yang diperlukan untuk tumbuh bagi semua sel dalam tubuh termasuk sel otak

Tahap Perkembangan anak dibutuhkan beragam jenis nutrisi mulai dari makronutrien dan mikronutrien.
Makronutrien diperlukan untuk menghasilkan energi, menggantikan sel-sel tubuh yang rusak dan jumlah yang diperlukan dalam hitungan gram seperti :
- Karbohidrat sebagai sumber energi
- Protein untuk pertumbuhan, perbaikan jaringan tubuh yang rusak, mengatur proses metabolisme tubuh.
- Lemak untuk pertumbuhan, perbaikan jaringan tubuh yang rusak, mengatur proses metabolisme tubuh.

Sedangkan mikronutrien termasuk vitamin dan mineral dari bermacam-macam jenis pangan. Mikronutrien berfungsi sebagai koenzim metabolisme zat gizi makro diperlukan dalam hitungan mikrogram atau mg seperti :
- Vitamin : A, D, E, K, B, C
- Mineral Na, K, Cl, Ca , Fe, Zn, Mg, Se dll.
Mikronutrien zat gizi yang dibutuhkan tubuh dalam jumlah sedikit, tapi sangat penting dalam metabolisme tubuh. Nutrisi tersebut perlu dicerna dan diserap dengan sempurna oleh saluran pencernaan anak agar berbagai manfaatnya dapat dirasakan oleh organ-organ tubuh yang membutuhkan.
Di masa awal kehidupan manusia, perkembangan fungsi otak terjadi dengan sangat cepat. Perkembangan otak anak sudah mulai pada saat anak masih dalam kandungan dan berlanjut sampai anak lahir. Walaupun pembentukan sel otak hampir selesai sebelum lahir, namun pematangan otak, jalur saraf penting, dan koneksi secara progresif dikembangkan setelah anak lahir pada usia dini.

Gut-Brain-Axis. Konsep ini adalah saluran cerna dan otak secara aktif melakukan komunikasi dua arah melalui sinyal biokimia. Saluran cerna yang sehat mengirimkan sinyal positif sehingga dapat memengaruhi perkembangan otak. Begitu pula sebaliknya, sinyal yang dikirimkan otak akan memengaruhi komposisi mikrobiota yang terdapat dalam saluran cerna, sehingga berdampak pada proses penyerapan nutrisi.

Jadi bisa dikatakan, masa ini adalah golden period pembentukan synaps otak. Sinyal dari kolonisasi bakteri pada saluran cerna bayi yang baik tersebut akan mempunyai efek jangka panjang terhadap otak.

Salah satu faktor yang memengaruhi kesehatan pencernaan adalah komposisi mikrobiota dalam saluran cerna. Oligosakarida seperti FOS dan GOS merupakan salah satu komponen golongan Prebiotik yang dapat membantu memacu pertumbuhan mikrobiota di dalam saluran cerna.

Biasanya di usia dini, susu menjadi asupan nutrisi yang sering dipilih. Carilah susu yang kandungan proteinnya baik utuk si kecil. Untuk makanan atau minuman kemasan atau siap saji, perhatikan saja informasi nilai gizi produk tersebut; apakah masih mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh anak atau tidak.

Aku juga berikan si Kecil Bebelac barudengan formula yang disempurnakan untuk dukung si Kecil tumbuh dengan Tanggap yang Lengkapyang mengandung.
• Minyak Ikan & Omega 6 yang lebih tinggi.
• FOS:GOS 1:9 yang dipatenkan.
• 13 Vitamin dan 9 mineral
Seperti yang sudah kita ketahui, periode awal perkembangan manusia dapat mempengaruhi kehidupan pada tahap berikutnya. Individu berfungsi optimal Tak hanya peduli pada dirinya, juga orang lain (flourishing) Individu hebat yang tanggap lengkap.

Sebagai orang tua perlu kita ketahui karakteristik Si Kecil hebat jaman now :
1. Cerdas berpikir,
2. Cerdas emosional
3. Cerdas sosial

Memahami cerdas emosional dan sebagai positive parenting ada beberapa hal yang dapat dilakukan seperti :
Membuang : Weakness seperti Kamu cengeng, Kamu Penakut, Kamu Pemarah, Kamu salah, Kok gitu sih?, Jangan, kamu gak bisa, Kamu bukan anak mama dan Anak siapa sih?.

Meningkatkan
- Strenght : I am seperti I love you , Kamu okay dan Kamu tanggung jawab.
- Strenght : I have seperti Ada mama disini, Kamu punya hati yang baik/peduli dan Kamu pinter/cerdas.
- Strenght : I can seperti Good job, Kamu bisa/mampu melakukannya dan Wow, kamu kerjakan sendiri.

Dari peningkatan Child Strength atau kalimat baik atau membangun makan akan menjadi pribadi yang positif sehingga dapat menciptakan Cerdas emosional seperti Emosi positif, Diri positif dan kompeten dan Empati berkembang menjadi Anak jaman now yang cerdas sosialhebat dengan tanggap yang lengkap memiliki:
- Cepat tanggap
- Punya rasa peduli
- Tanggap bersosialisasi
Nah Mom jadi lingkungan dan gizi yang baik pada awal kehidupan anak sangat diperlukan untuk mengoptimalkan perkembangan otak anak. Orangtua dapat memberikan rangsangan pembelajaran yang bertujuan untuk meningkatkan fungsi otak pada masa ini, tetapi jangan sampai membuat anak merasa tertekan.
Yuk Mom dukung si kecil untuk jadi anak yang hebat dengan tanggap yang lengkap dengan tidak hanya memberikan stimulus tetapi juga pastikan memberikan makanan yang sehat, lengkap, seimbang, dan berkualitas.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang Pentingnya Omega 3 & 6 sebagai Nutrisi Otak Anak bisa dibaca di http://bit.ly/2rNvr4K

Ok, sekian dari aku semoga bermanfaat  dan sampai jumpa di blogpost berikutnya. Jangan lupa follow my Blog, IGFBTwitter dan Youtube.

Thank you and have a nice day :)

4 comments:

Munasyaroh said...

Susu Bebelac gizinya lengkap za mbak dan kayaknya sesuai dengan kebutuhan si kecil

Retno Kusumawardani said...

bebelac baru memang lebih bagus dari yang sebelumnya karena nutrisinya semakin lengkap...

nanie said...

Wah informasinya lengkap sekaliii, nutrisi dan tumbuh kembang anak memang sangat erat kaitannya ya mba, dilengkapi dengan stimulasi juga

Mollyta said...

Kalau orang tua concern terhadap tumbuh kembang anak, pasti akan diberikan asupan nutrisi yang benar-benar dibutuhkan anak ya, Mba. Semoga si kecil tumbuh cerdas dengan tanggap yang lengkap :).

Post a Comment

 

Beauty Diary Kania Copyright © 2011 Design by Ipietoon Blogger Template | web hosting