Tuesday, May 15, 2018

Dukung Cepat Tanggap Lengkap Untuk Si Kecil

Posted by Kania Safitri at 5:22 PM
Hello Moms…

Sebagai orang tua aku senang sekali bisa sharing tentang perkembangan si Kecil. Yup kedua anak tercinta aku pastinya perlu dukungan yang kuat baik dalam keluarga ataupun lingkungan sekitarnya. Agar si Kecil tumbuh menjadi pribadi yang tangguh, maka ia perlu mengembangkan kemampuan berpikir kognitif dan berempati. Tidak hanya cerdas secara intelektual tetapi juga mampu menampilkan perilaku tepat dalam situasi sosial dengan memiliki rasa peduli.


Anak yang cepat tanggap akan lebih mudah dalam proses belajar sehingga dapat mengingkat rasa percaya diri dan kemampuan rasa kepedulian kepada orang lain. Anak tidak hanya cukup menjadi pintar, tapi mereka perlu tumbuh dengan tangap yang lengkap ditunjukkan seperti cepat tangap, punya rasa peduli dan tanggap bersosialisasi. Ketika anak memiliki 3 aspek kecerdasan anak tersebut, anak akan mampu peduli dan melihat masalah dari berbagai sisi, sehingga mereka dapat memunculkan solusi yang baik untuk semua pihak.
Orang tua terutama ibu adalah pengajar pertama dalam proses tumbuh kembang anak. Orang tua meletakkan dasar moral dan empati yang dimiliki oleh anak sebelum anak belajar dari lingkungan sekitarnya. Untuk itu, peran orang tua sangatlah besar dalam memberikan stimulasi tepat dalam menumbuhkan mereka menjadi pribadi dengan tanggap yang lengkap. Jadi penting bagi orang tua untuk menyediakan kesempatan agar ketiga aspek ini terstimulasi dengan baik. Dengan banyak melibatkan anak dalam diskusi sehari-hari orang tua dapat melatih anak menjadi anak cepat tanggap.


Tanggap yang lengkap terdiri dari tiga aspek, yaitu:
1. Cepat Tanggap, cepat merespon secara intelektual atau kognitif.
2. Tanggap emosional, memahami emosi diri dan orang lain, empati, peka, penyayang, dan peduli.

3. Tanggap bersosialisasi, bisa main bersama dan pintar bersosialisasi.
Ada baiknya kita lebih banyak memberikan semangat dan berikan motivasi pada anak dengan mengeluarkan kata-kata positif pada anak. Untuk mendukung cepat tanggap si Kecil juga bisa diajarkan hal positif dengan :
- Meningkatkan rasa peka dan menghormati kebutuhan orang lain
- Mengasah kemampuan anak memecahkan masalah
- Menambah rasa percaya diri anak
- Membuat anak semakin termotivasi untuk berbuat baik
Semua dapat ikut terlibat, mulai dari anak, ibu dan ayah dalam keluarga karena masing-masing memiliki peranan dalam aksi hebat.
Setiap orang tua biasanya selalu berusaha memperlihatkan nilai-nilai kebaikan dari hal-hal kecil agar dapat dengan mudah dicontoh oleh anak, seperti misalnya dengan membantu orang lain yang mobilnya mogok dijalan, atau mengajak anak terlibat dalam kegiatan sosial lainnya.

Selain stimulasi, Nutrisi juga harus berperan untuk pertumbuhannya. Nutrisi yang optimal mendukung perkembangan anak yang dimulai sejak dalam kandungan hingga anak berusia dua tahun.   Nutrisi sangat penting untuk stimulasi otak. Memberikan gizi seimbang sangat baik bagi tumbuh kembang anak, agar anak tumbuh tanpa kekurangan gizi atau mengalami obesitas. Dengan tumbuh kembang anak yang optimal akan memudahkan anak-anak dalam proses belajar dan beradaptasi terhadap lingkungan sehingga dapat cepat tanggap, memiliki rasa peduli, kasih sayang dan pertumbuhan fisik optimal.


Nutrisi yang baik bisa di dapatkan selain dari makan makanan yang sehat dan bergizi juga bisa diperoleh dari susu, seperti Bebelac baru memiliki nutrisi yang mendukung si Kecil untuk tumbuh hebat dengan tanggap yang lengkap. Bebelac baru mengandung minyak ikan dan Omega 6 lebih tinggi, FOS:GOS 1:9 yang dipatenkan serta 13 Vitamin & 9 Mineral).


Nutrisi yang cukup, lengkap, dan seimbang mempengaruhi daya serap otaknya untuk menyerap informasi, sehingga mereka dapat memaknai setiap pengalaman mereka menjadi pelajaran berharga dalam membentuk mereka menjadi anak cepat tanggap yang bisa menggunakan akalnya dalam menyalurkan kecerdasan emosi dan rasa pedulinya. Jadi Tanggap yang Lengkap dimulai dari perkembangan otak yang baik ya Mom... Jika perkembangan otak si Kecil baik, maka Ia mampu menerima dan mengolah stimulasi yang mom berikan dengan optimal.

Selain itu bentuk sendok takar Bebelac juga kini berbeda dari yang sebelumnya, kini lebih besar. Cukup 3 sendok takar setara 39 gr untuk membuat 1 gelas susu.
Bebelac percaya bahwa nilai kebaikan adalah nilai yang harus dipupuk sejak kecil dengan memberikan stimulus yang tepat. Karena nilai kebaikan yang dapat diperlihatkan si Kecil yang dilakukan dalam kehidupan sehari-hari memiliki dampak baik bagi perkembangan anak. Oleh karena itu, Orang tua perlu memperhatikan bagaimana mendukung cepat tanggap yang lengkap tersebut dalam kehidupan sehari-hari.
Dalam mengembangkan nilai-nilai kebaikan juga harus memperhatikan faktor-faktor penentu seperti Biologis, Kognitif Emosional serta Budaya dan keiasaan dalam keluarga. Untuk informasi lebih lanjut bisa mengunjungi http://bit.ly/ArticleTanggap2

Yuk dukung si Kecil agar cepat tanggap yang lengkap dengan memenuhi kebutuhan gizi serta stimulasi. Ok, sekian dari aku semoga bermanfaat  dan sampai jumpa di blogpost berikutnya.

Jangan lupa follow my Blog, IGFBTwitter dan Youtube.

Thank you and have a nice day :) 

19 comments:

Nchie Hanie said...

Punya anak kecil tuh menyenangkan, apalagi melihat perkembangannya begitu cepat ya Mom. Bener2 ortu harus jadi role mode nya, semoga sikecil memenuhi kebutuha gizinya dan rajin2 stimulasi buar cepat tanggap.

maya rumi said...

secara tidak langsung ketika kita mengajarkan anak untuk menjadi baik, kita pun mengingatkan diri sendiri yah mbak...

Marga Apsari said...

Gizi juga berperan penting ya untuk tumbuh kembang anak. Nice info mbaa, thank you for sharing!

Nurul Rahmawati said...

Bebelac keren banget buat tumbuh kembang anak ya mbaaaa
Kindly visit my blog: bukanbocahbiasa(dot)com

Anonymous said...

iiiih gemes! terus sekarang Bebelac juga ada kemasan cairnya, jadi favorit!

Deny Oey said...

Suka sama kata2nya..
Bukan cuma cerdas secara intelektual tetapi juga memiliki rasa empati..

fenni bungsu said...

Ada tiga aspek tanggap untuk anak. Jadi ilmu baru nih buat saya yang bisa dipraktekkan kelak nanti.

kurnia amelia said...

Si kakak lucu bangettt ya,,nutrisi dan stimulasi itu penting banget untuk perkembangan si kecil dan itu satu paket yess.

Catcilku said...

empati, untuk menumbuhkan sepertinya agak sulit ya. mungkin karena anak2 masih belum mengerti empati itu harus gimana :)

Selamet Hariadi said...

Support si kecil bertumbuh menjadi lebih baik...

Agung Han said...

Pelajaran menjadi org tua tidak pernah ada abisnya, musti menyesuaikan dg pertumbuhan anak dan perkembangan jaman

Sadewi said...

Lucu banget sih kakak, kapan-kapan main bareng yuk.hehehe. Mengajarkan empati kepada anak memang sangat penting untuk masa depan nya.

Cerita Bang Doel said...

ih anaknya lucu .. sebuah pelajaran yang baik ya kak

Reh Atemalem said...

Aaaaakk, lagi lucu-lucunya yaa..
Sehat terus ya, Nak.

Maria Soraya said...

aku baru liat kak kania posting foto anaknya nih, salfok sama rambut kriwilnya hehehe

ilmu cepat tanggapnya aku noted ah

Diah Woro Susanti said...

Yuk jadi tauladan agar anak terpupuk empatinya dan jgn lupa beri nutrisi agar kognitifnya makin berkembang misalnya susu bebelac 😄

Suciarti Wahyuningtyas (Chichie) said...

Aduh gemes amat ini sama mami dan anaknya...

Yunita Tresnawati said...

Tiga aspek tanggap yang bagus banget untul diterapkan pada si kecil nantinya. Aku salah fokus liat foto2nya lucuuu ihh

Ivonie Zahra said...

Zaman sekarang memiliki anak mesti peka dengan tumbuh kembangnya ya mbak, gak cuma cerdas secara intelektual saja tapi banyak aspek.

Post a Comment

 

Beauty Diary Kania Copyright © 2011 Design by Ipietoon Blogger Template | web hosting