Saturday, April 10, 2021

Dekorasi Rumah Selama Pandemi Agar Betah Dirumah

Posted by Kania Safitri at 9:31 PM

Hello Beauties...

Sejak adanya pandemi kita semua diharuskan untuk melakukan semua kegiatan di dalam rumah. Melakukan hobi menjadi salah satu cara yang dilakukan untuk mengisi waktu luang selama pandemi. Hobi baru selama pandemi yang bermunculan diantaranya berolah raga, punya peliharaan baru, membaca buku, mencoba resep baru untuk dimasak, menonton film, berkebun dan menata rumah atau dekorasi.

Rumah adalah salah satu aspek terpenting dalam kehidupan. Tentunya, sebagai tempat berlindung dari berbagai cuaca dan untuk bertahan hidup dalam membina rumah tangga. Karenanya, muncul kebutuhan baru untuk mendekorasi ulang rumah agar menjadi lebih nyaman untuk digunakan sebagai tempat bekerja atau sekolah. Nah, saat pandemi, menata rumah menjadi salah satu pilihan hobi baru. Ada banyak kegiatan menarik yang bisa dilakukan, seperti membuat rak, mengecat dinding rumah dengan warna baru, atau mengatur ulang penempatan perabotan rumah. Untuk itu, siapa saja pastinya menginginkan rumah yang dapat memberikan kesan nyaman. Salah satunya memberikan sentuhan warna yang cukup dan mencerminkan karakter pemilik.

Pas banget niy aku diundang BloggerCrony pada sebuah acara Media & Blogger Gathering bersama Nippon Paint Indonesia dengan tema Hobi Dekorasi Selama Pandemi, Agar #betahdirumah. Acara ini tentunya berlangsung secara virtual dengan menonton Live Streaming di Youtube Nippon Paint Indonesia tepatnya hari Jumat, 9 April 2021 pada pukul 14.00 - 15.30 WIB. Acara ini menghadirkan pembicara yaitu Zata Ligouw selaku Influencer, Windy Sekar selaku Public Relation Nippon Paint Indonesia, Endy Nahya selaku Interior Designer Nippon Paint Indonesia juga dihadiri oleh Mark Liew selaku General Manager Nippon Paint Indonesia Nippon Paint Indonesia dan linda Kam selaku Marketing Manager Nippon Paint Indonesia.

Walaupun acara ini secara virtual tapi acara berlangsung sangat seru sekali. Mbak Zata mengatakan, sebagian waktunya saat ini memang lebih banyak dihabiskan di rumah saja. Seperti work from home, menghadiri berbagai seminar virtual, hingga mendampingi anak-anak untuk online school, segala sesuatunya dikerjakan di rumah. Dengan banyaknya aktivitas virtual tersebut, maka sebagai seorang digital creator, Zata merasa bahwa mempercantik sudut rumah adalah hal yang diperlukan. Namun di sisi lain, Ia juga mengalami kebingungan saat harus memilih warna yang tepat untuk ruangannya yang tidak begitu luas. Setelah konsultasi dengan phika Nippon Paint Zata memilih warna kuning untuk ruangannya agar tampak lebih ceria dan semanagt dalam membuat konten.

Dalam kesempatan ini Endy Nahya, Desainer Interior Nippon Paint Indonesia berbagi tips & trik memilih warna ruangan. Ia mengatakan bahwa warna cat pada dinding tidak hanya sebagai dekorasi ruangan, tapi juga berpengaruh pada psikologis dan suasana hati penghuninya. Selain itu, keserasian warna juga penting untuk menghasilkan kombinasi yang harmonis.

Seperti halnya yang dialami Zata, selain pemilihan warna cerah agar ruangan tampak lebih luas, maka pemilihan warna furniture dengan warna netral dan terang seperti putih, cream, atau abu-abu muda agar ruangan terlihat lebih rapi dan nyaman saat digunakan, saran Endy.

Lamanya masa berdiam diri dirumah dapat menimbulkan kondisi tidak nyaman yang dikenal sebagai "Cabin Fever" Cabin Fever akan muncul seperti : gelisah, turunnya motivasi, mudah tersinggung, mudah putus asa, sulit konsentrasi, pola tidur tidak teraturdan sulit bangun dari tidur.

Cara mengatasi Cabin Fever :

1. Buat rutinitas atau hobi baru

2. Tetap terhubung meskipun dirumah saja.

3. Tetap aktiv secara fisik

4. Ubah penataan perabitan atau dekorasi rumah secara berkala agar #BetahDiRumah

Apa yang perlu diperhatikan saat ingin dekorasi ruangan dirumah?

- Saya menggunakan ruangan ini untuk apa?

- Mengapa ruangan ini penting?

- Suasana / nuansa apa yang ingin dihadirkan?

- Seberapa besar skala dan komplesitas dekorasi rumah?

- Apakah saya butuh tenaga kontraktor atau bisa dikerjakan sendiri?

- Wawancara beberapa kontraktor dan cari tahu rekam jejak dan biayanya?

- Tetapkan budget dan buat akun pengeluaran tersendiri

- Tetapkan penjadwalan dan check-list peralatan

- Sebelum mulai : bersihkan, rapikan dan buang barang yang tidak perlu.

Psikologi warna didasarkan pada efek secara mental dan emosional yang ditimbulkan oleh warna kepada manusia di semua aspek kehidupan. Pada terapi warna, warna seringkali dihubungkan dengan emosi seseorang. Warna juga bisa mempengaruhi keadaan mental atau fisik seseorang. Contohnya, beberapa penelitian mengungkapkan bahwa warna merah seringkali memicu kenaikan detak jantung yang akan mengarah kepada kenaikan adrenalin yang dipompa ke aliran darah.

Faktanya warna merupakan elemen tercepat yang dapat ditangkap mata, warna dapat mencerminkan kepribadian dan identitas, serta warna pada ruangan dapat mempengaruhi psikologi dan suasana hati penghuninya

Nippon Paint memiliki ribuan warna yang diberi kode berdasarkan kategori berdasarkan kategori sebagai berikut :

Pastel (P) : Warna muda

Tint (T) : Warna terang

Deep (D) : Warna yang lebih terang dari Tint

Accent (A) Warna tua

Aplikasi warna untuk kombinasi warna dapat menggunakan warna dasar dan warna aksen. 

Tips pemilihan warna interior :

Furniture dominan warna terang

1. Dapat dikombinasikan dengan berbagai warna (bright/soft)

2. Ambil salah satu bidang untuk warna yang lebih gelap agar tidak monoton

Furniture dominan warna gelap

Beberapa furniture warna gelap akan terlihat elegantketika diapdukan dengan cat warna gelap dengan catatan warna lantai dan langit-langit adalah terang.

Furniture berbagai warna

Jika ruangan memiliki furniture dengan berbagai warna disarankan memilih warna cat yang terang terutama warna-warna netral.

Kesulitan yang dihadapi saat ingin melakukan dekorasi rumah atau ruangan, adalah segala hal yang berkaitan dengan PERINGATAN mulai dari pemilihan warna, produk, hingga solusi masalah pengecatan.

Kemudian Windy Sekar melanjutkan memberikan penjelasan, Bahwa Nippon Paint senantiasa berupaya untuk memberikan solusi dan melakukan berbagai inovasi, baik dari produk maupun layanan. Seperti halnya Colour Scheme Service (CSS) yang merupakan konsultasi gratis bersama desainer interior profesional Nippon Paint untuk memvisualisasikan warna cat pada bangunan, dengan tiga alternatif kombinasi warna dan ada rekomendasi produk. Lalu ada pula Nippon Paint WA Care di nomor 08111283028 untuk memperoleh informasi seputar pembelian produk, konsultasi warna, konsultasi pengecatan dan komplain, serta panduan kartu warna Colours of Life, di mana konsumen dapat memilih warna dengan garansi 100% akurat dan konsisten sesuai warna cat dan dibagikan secara gratis kepada konsumen baik dalam bentuk cetak maupun digital yang dapat diunduh di www.nipponpaint-indonesia.com

3 Langkah mudah wujudkan rumah impian :

1. foto rumah atau ruangan yang ingin dikonsultasikan

2. Isi form Color Scheme Service di link : Bit.ly/FormCS

3. Anda akan mendapat 3 alternatif visualisasi cat ruangan dalam 5 hari kerja 

Selain mempercantik rumah, Nippon Paint juga memberikan solusi agar rumah juga sehat melalui rangkaian cat Silver-Ion Series dengan menghadirkan CAT ANTI VIRUS PERTAMA di Indonesia yaitu Nippon Paint VirusGaurd yang dapat menangkal virus dan bakteri. Informasi mengenai Silver-Ion dapat diakses di www.silverion.nipponpaint-indonesia.com 

Apa itu silver Ion?

Silver Ion adalah partikel perak berukuran sangat kecil yang diubah menjadi ion. Sebelum antibiotik ditemukan, perak sudah digunakan selama berabad-abad di Yunani untuk menangani sakit perut atau menyembuhkan luka. silver-Ion lebih efektif sebagai anti-mikroba karena bentuk lapisan perlindungan setelah kering, jadi tahan lama.

Nippon Paint telah mengembangkan rangkaian cat kesehatan Silver-Ion sejak tahun 2008 dan telah tersertifikasi internasional melalui hasil uji ALG (Analytical Lab Grup) berstandar FDA dan EPA yang menyatakan bahwa formula Silver-Ion dari Nippon Paint 99,99% efektif basmi virus dan bakterin seperti Human Coronavirus strain 229E. Selain itu juga Virus Hand Foot and Mouth Disease (HFMD Coxsackievirus A16 (CA-16), Enterovirus 71 (EV-71); virus Influenza (H1N1); bakteri Methicillin Resistant Staphylococcus Aereus; bakteri Escherichia Coli; dan bakteri Staphylococcus Aereus. Pengembangan teknologi Silver-Ion untuk Cat Anti-Mikroba Nippon Paint merupakan salah satu usaha Nippon Paint untuk melindungi masyarakat dari transmisi bakteri atau virus. 

Dengan adanya berbagai inovasi produk dan layanan Nippon Paint jadi makin #betahdirumah, keluarga Indonesia juga semakin merasa nyaman dan terlindung. Ini penting banget buat dirumah, karena dimasa pandemi seperti ini yang masih belum usai bahkan anak-anak masih belajar dirumah untuk kita tetap menjaga kesehatan. Apalagi sekarang bisa dari rumah kita bisa langsung konsultasi dengan Nippon Paint WA Care di nomor 08111283028 serta panduan kartu warna Colours of Life, di mana konsumen dapat memilih warna dengan garansi 100% akurat dan konsisten sesuai warna cat dan dibagikan secara gratis. Yuk mulai dekor rumah sekarang!


1 comments:

Lulu Mutiara said...

Thank you untuk reviewnya kak🤩 jadi pingin ganti warna nih kak🤭🤭

Post a Comment

 

Beauty Diary Kania Copyright © 2011 Design by Ipietoon Blogger Template | web hosting