Sunday, July 15, 2018

Luno Memberikan Kemudahan Untuk Aset Digital

Posted by Kania Safitri at 11:46 AM
Hello Beaties...

Kali ini boleh lah aku bahas tentang finacial technolgy yang lagi banyak dibahas beberapa tahun belakangan karena kenaikan harganya yang signifikan serta keuntungan yang ditawarkan kepada para investor. Hmm... penasaran kan sepeerti apa dan bagaimana? Yuk dibaca sampai selesai.

Seneng deh aku bisa menghadiri acara yang diadakan pada hari Kamis, 12 Mei 2018 yang berlokasi di Chubb Square Go Work. Pada kesempatan kali ini aku jadi tau banyak tentang aset digital yang sedang berkembang belakangan ini. Pastinya biar ga salah paham atau tau lebih detail tentang finacial technolgi. Nah kali ini aku kenalan dengan aplikasi Luno, Jadi Luno adalah perusahaan global terkemuka di bidang aset digital dengan pelanggan di 40 negara di dunia dan tim yang berjumlah lebih dari 100 orang. Luno berbasis di London, disertai kantor regional di Singapura dan Cape Town.
Acara ini menghadirkan General Manager Luno yaitu Vijay Ayyar yang menjelaskan tentang Bitcoin. Nah buat yang belum tau Bitcoin adalah tekhnologi baru yang memungkinkan perpindahan dan pertukaran uang yang cepat, efisien dengan biaya yang jauh lebih murah. Kini masyarakat dapat kesempatan untuk berinvestasi pada tekhnologi itu sendiri, dimana sebelumnya investasi terhadap tekhnologi yang menjanjikan bukanlah hal yang mungkin.
Jadi apa hubungan antara Luno dengan Bitcoin?
Luno (sebelumnya BitX) adalah perusahaan Bitcoin yang berdiri pada tahun 2013 dan berpusat di Singapura, dan telah beroperasi di sejumlah negara lainnya selain Singapura, seperti Indonesia, Malaysia, Afrika Selatan, Nigeria, dan Kenya. Luno masuk dan mulai beroperasi di Indonesia pada awal 2015. Luno Indonesia menyediakan layanan untuk menyimpan Bitcoin, serta membeli dan menjual Bitcoin dengan Rupiah.

Selanjutnya ada mbak Claristy selaku kepala operasional dari Luno yang menjelaskan Luno lebih detailnya. Aplikasi produk dan layanan Luno menawarkan keamanan dan kemudahan bagi orang dan badan usaha untuk membeli, menyimpan dan mempelajari aset digital seperti Bitcoin. Visi Luno adalah untuk merevolusi sistem keuangan dunia menjadi lebih baik. 
Produk utama Luno :
Luno Indonesia sendiri menawarkan beberapa produk, yaitu Luno Bitcoin Wallet, Luno Exchange, dan Luno Bitcoin API.
- Luno Bitcoin Wallet : Pembayaran, konversi serta penyimpanan aset digital.
Produk ini memungkinkan pengguna Luno Indonesia untuk menyimpan, mengirim, dan menerima Bitcoin. Pengguna dapat mengirim dan menerima Bitcoin dengan melakukan scan QR code, memasukkan alamat Bitcoin Wallet tujuan, atau dengan Social Pay (email atau nomor telepon tujuan). Pengguna juga dapat melakukan jual beli Bitcoin dengan mata uang Rupiah.

- Luno Exchange : Platform perdagangan aset digital yang profesional.
Produk ini digunakan oleh pengguna yang telah fasih melakukan jual beli atau disebut trading Bitcoin. Ada dua tipe order yang dilakukan di Luno Exchange, yaitu limit order dan market order. 
Note : 
- Limit Order adalah order yang dilakukan para Market Maker yang menambah likuiditas yang ada di pasar BitX Exchange Indonesia.
- Market Order adalah order yang dilakukan para Market Taker yang mengambil order (likuiditas) yang ada di pasar BitX Exchange Indonesia.
 - Biaya yang dikenakan oleh Luno Indonesia untuk trading berubah tergantung promosi yang sedang dijalankan.

- Luno Enterprise : API terbuka, khusus investor berinstitusi, integrasi merchant.
Produk ini digunakan oleh rekan bisnis Luno Indonesia, dengan tujuan berikut ini:
1.  Mengakses data pasar Bitcoin saat ini dan sebelumnya
2.  Kirim order trading dan lihat status order
3.  Jual dan beli Bitcoin
4.  Kirim dan terima Bitcoin
5.  Tambah alamat Bitcoin Wallet
6.   Integrasi aplikasi Anda dengan akun customer Luno dengan OAuth2
7.   Menerima pembayaran Bitcoin sebagai merchant
8.   Bangun pengalaman khusus pembelanjaan e-commerce

Mbak Debora juga menjelaskan cara penggunaan aplikasi Luno. Pastinya hand[hone kita harus connect ke wifi terlebih dahulu. Luni bisa di download melalui Google Play, App Store juga melalui www.luno.com.
Pada aacara kali ini aku juga jadi tau kalau kita dapat membeli tidak harus 1 bitcoin jadi bisa juga beli 0,0001 bitcoin, yang berkisar Rp. 100.000,-  dan ternyata cara beli Bitcoin di Luno itu mudah lhooo... seperti :
1. Daftar 
Masukkan email dan password
2. Verifikasi identitas 
Daftar nomor hp, namalengkap, nomor KTP
3. Deposit uang 
Klik menu (kiri atas) lalu klik "Dompet" lalu klik "Deposit"  dibawah dompet IDR. Lakukan transfer dari rekening bank kamu.
4. Beli Bitcoin 
Jika uang sudah masuk, tinggal klik BELI yang ada di layar pada bagian awal

Untuk membeli Bitcoin di Luno, pengguna harus melakukan deposit Rupiah ke akun Luno Rupiah terlebih dahulu yang ada di menu Danai Akun. Deposit Rupiah ini dapat dilakukan melalui bank transfer, Cash (Alfamart atau ATM Transfer ke DOKU terlebih dahulu), ataupun melalui Dompet Doku. Setelah deposit masuk ke akun Rupiah Luno pengguna, maka pengguna dapat memilih Beli Bitcoin dengan dana tersebut.

Yang perlu diperhatikan 
1. Gunakan angka unik di belakang jumlah transfer
2. Selalu ulangi alur permintaan deposit sebelum melakukan deposit

1 orang hanya diperbolehkan memiliki 1 akun pastinya aplikasi LUNO ini menurut aku mudah dipahami meskipun buat aku pemula yang ingin mempelajari aset digital seperti bitcoin.
So... menurut aku Aplikasi Luno memang memberikan kemudahan untuk Aset Digital. Fungsi LUNO adalah sebagai e wallet kita untuk melakukan transaksi Bitcoin. Dengan menggunakan aplikasi LUNO ini dapat (Send / Receive / Buy / Sell / Fund account / Withdraw money ). LUNO sudah terkenal di Malaysia , Indonesia , Singapore dan negara - negara lain.
Image credit : Imawan
Gimana kalian sudah ada yang punya akun Luno blum?,  jika belum silakan menuju situsnya https://www.luno.com Lalu klik Sign Up, kemudian ikuti saja sampai selesai.

Ok, terima kasih sudah mampir di blog kali ini semoga bermanfaat. Have a nice day...

0 comments:

Post a Comment

 

Beauty Diary Kania Copyright © 2011 Design by Ipietoon Blogger Template | web hosting