Thursday, April 19, 2018

Dukung Potensi Si Kecil Jadi Anak Generasi Maju

Posted by Kania Safitri at 10:45 AM
Hello Mom...

Kali ini aku mau berbagi cerita mengenai pengalaman aku sebagai orang tua dengan perkembangan Si Kecil. Sebagai orang tua aku selalu ingin memberikan yang terbaik untuk masa depan si kecil, pastinya aku juga sebagai orang tua harus mendukung dalam menemukan potensi diri, merencanakan pendidikan yang tepat dan persiapan dana yang matang dan nutrisi yang tepat sesuai dengan tumbuh kembang anak. Salah satu langkah penting yang patut dilakukan oleh orang tua adalah memahami tahapan serta aspek-aspek potensi anak sehingga dapat mendukung si kecil menjadi generasi maju.

Seperti kemarin 18 April 2018 di Kaffeine Resto Jakarta aku menghadiri acara yang seru dan bermanfaat yaitu Media & Blogger Gathering Dukung Potensi Prestasi Si kecil Jadi Anak Generasi Maju Melalui Pemenuhan Nutrisi & Edukasi bersama SGM Eksplor. Acara kali ini menghadirkan nara sumber Ibu Anna SurtiAriani, S.Psi., M.Si, Psi selaku Psikolog Anak dan Keluarga. Dr. Capri Anjaya, SPd. M.Hum selaku Pemerhati pendidikan usia dini. Astrid Prasetyo selaku Marketing Manager SGM Eksplor, Zee Zee Shahab, seorang selebriti dengan 1 orang anak.
Apa itu Anak Generasi Maju?
1. Tumbuh tinggi dan kuat : Tumbuh kembang sesuai dengan tahapan usianya
2. Percaya diri : Yakin terhadap kemampuan dirinya
3. Cerdas kreatif : Cepat menangkap dan mengerti, Punya banyak ide
4. Mandiri : Mengandalkan diri sendiri
5. Supel : Bisa berteman dan bekerja sama, berbagi, sopan dan banyak keterampilan sosial lain.

Berdasarkan penjelasan Ibu Anna kalau si Kecil memeiliki 5 Potensi Prestasi Anak Generasi Maju yang cerdas kreatif, tumbuh tinggi & kuat, supel, mandiri & percaya diri. Untuk mendorong anak memiliki 5 Potensi Prestasi Anak Generasi Maju, orang tua harus menggali lima aspek tumbuh kembang anak yang saling berkaitan satu dengan yang lain agar ia dapat memiliki tumbuh kembang yang optimal, yaitu dari aspek fisik, kognitif, emosi, bahasa & sosial. Orang tua diharapkan dapat secara bertahap dan terus menerus menstimulasi kelima aspek tumbuh kembang ini yang dapat mendukung si kecil menjadi anak generasi maju. Hal ini diperlukan karena lima potensi anak generasi maju tidak tumbuh instan, namun perlu dikembangkan sejak dini.

Dari kelima potensi prestasi anak generasi maju masing-masing dapat dikembangan seperti:
1. Agar sikecil tumbuh tinggi dan kuat pastikan :
Pada usia 1 – 3 tahun kenalkan makanan keluarga serta beri stimulasi motorik.
Pada usia 3 – 5 tahun beri stimulasi motorik kasar dan halus.

2. Bagaimana agar si Kecil Percaya diri?
Tumbuhkan attchment bunda sensitif dan responsif
Atur ruangan agar ramah anak
Beri kesempatan lebih luas
Beri kesempatan si kecil mencoba lalu beri pujian

3. Bagaimana agar si Kecil cerdas kreatif?
Beri kesempatan mengenal hal-hal baru
Ajak berkreasi
Beri jawaban untuk pertanyaan si Kecil
Ajak bercakap-cakap dengan kalimat singkat namun lengkap
Munculkan rasa ingin tahunya

4. Bagaimana agar si Kecil mandiri?
Orang tua menenbak dan meladeni kebutuhan anak dengan bebar (sensitif dan responsif)
Beri kesempatan si Kecil menjelajah lingkungannya
Beri kesempatan belajar merawat diri sendiri (mandi, bersihkan diri, pakai baju sendiri)
Beri kesemptan melayani dirinya sendiri (makan, minum dll)

5. Bagaimana agar si Kecil supel?
Sering saling bertatapan mata
Ajak main bersama
Tenangkan ketika takut terhadap orang lain
Ajak mengobrol
Beri kesempatan bermain dengan teman sebaya
Kemudian dilanjutkan Dr. Capri Anjaya, SPd. M.Hum. menjelaskan kalau saat ini terdapat 84 juta anak di Indonesia yang mewakili sepertiga populasi Indonesia,sehingga kualitas tumbuh kembang mereka perlu mendapat perhatian serius dari berbagai pihak karena mereka adalah calon generasi penerus bangsa. “Salah satu kunci kemajuan Indonesia mendatang tergantung pada bagaimana kualitas anak-anak saat ini. Oleh karena itu, perlu dilakukan langkah-langkah yang tepat disertai dukungan dari berbagai pihak, termasuk pihak swasta dan masyarakat, untuk dapat turut andil dalam mendukung terwujudnya generasi yang tumbuh tinggi dan kuat, cerdas kreatif, supel, mandiri serta percaya diri, sehingga menjadi generasi maju untuk Indonesia maju di masa mendatang.
Ada baiknya kita lebih banyak memberikan semangat dan berikan motivasi pada anak dengan mengeluarkan kata-kata positif pada anak. Untuk mendukung 5 Potensi Prestasi Anak Generasi Maju si Kecil juga bisa diajarkan hal positif dengan :
- Meningkatkan rasa peka dan menghormati kebutuhan orang lain
- Mengasah kemampuan anak memecahkan masalah
- Menambah rasa percaya diri anak
- Membuat anak semakin termotivasi untuk berbuat baik
Semua dapat ikut terlibat, mulai dari anak, ibu dan ayah dalam keluarga karena masing-masing memiliki peranan baik kesehatan, oang tua, lingkungan dan sekolah.

Faktor lingkungan juga berperan penting dalam masa tumbuh kembang anak. Penelitian telah menunjukkan bahwa separuh potensi kecerdasan seseorang dikembangkan pada usia empat tahun dan intervensi anak usia dini dapat memiliki efek jangka panjang pada kapasitas intelektual, kepribadian, dan perilaku sosial. Oleh karena itu, masa lima tahun pertama kehidupannya merupakan masa yang sangat peka terhadap lingkungan dan masa ini berlangsung sangat pendek serta tidak dapat diulang lagi.

Kunci kemajuan anak Indonesia
1. Langkah tepat
2. Dukungan berbagai pihak
3. Generasi yang tumbuh tingi dan kuat, cerdas, kreatif, supel, mandiri serta percaya diri.

Hal diatas juga disetujui  Marketing Manager SGM Eksplor, Astrid Prasetyo, menjelaskan  Sejalan dengan visi SGM Ekplor, kami percaya bahwa setiap anak Indonesia berhak untuk maju memiliki masa depan yang cerah sehingga dapat meraih cita-citanya. Selama lebih dari 60 tahun SGM Eksplor telah mendukung orang tua Indonesia dengan melengkapi kebutuhan nutrisi si kecil untuk mendukungnya memiliki 5 Potensi Prestasi Anak Generasi Maju yang cerdas kreatif, tumbuh tinggi & kuat, supel, mandiri & percaya diri.

Selain memberikan dukungan berupa nutrisi, SGM Eksplor juga memberikan edukasi nutrisi bagi orang tua untuk membantu memastikan asupan nutrisi yang baik bagi si kecil. Di tahun 2018 ini SGM Eksplor memperluas lagi dukungannya dengan juga memberikan bantuan dari sisi pendidikan yang merupakan salah satu faktor penting dalam mewujudkan generasi maju Indonesia.
Ibu Astrid juga menjelaskan Sebagai wujud nyata terhadap komitmen SGM Eksplor di bidang pendidikan, di tahun 2018 ini, SGM Eksplor akan mengajak orang tua untuk merayakan dan mendukung bakat atau potensi prestasi yang ada di setiap anak Indonesia melalui kegiatan Sahabat Generasi Maju. Untuk berpartisipasi Ibu dapat mengunggah cerita potensi prestasi si kecil melalui Facebook Aku Anak SGM dari 19 April – 10 Juni 2018.

Dalan rangkaian kampanye Anak Generasi Maju, SGM Eksplor juga bekerja sama dengan PAUD sebagai institusi pendidikan usia dini. “PAUD memiliki peranan penting bagi perkembangan anak juga akan memperoleh perhatian khusus dari SGM Eksplor untuk mendukung pendidikan generasi maju. Kami akan bekerjasama dengan 100 PAUD yang tersebar di seluruh Indonesia dalam bentuk edukasi nutrisi dan  dana pendidikan” tegas Astrid.
Menurut Zee Zee yang menyambut positif adanya kampanye Anak Generasi Maju ini. Zee Zee juga menjelaskan kampanye ini, para orang tua tentunya merasa mendapat dukungan dari SGM Eksplor dalam menumbuhkan 5 Potensi Anak Generasi Maju. “Sebagai orang tua dan ibu, saya akan selalu berusaha untuk memberikan yang terbaik bagi anak saya. Saya ingin agar anak saya mendapatkan kehidupan yang lebih baik di masa depannya. Rangkaian Kampanye Anak Generasi Maju membantu saya sebagai orang tua lebih mengenal potensi yang dimiliki anak saya sehingga bisa menjadi anak generasi maju yang yang tumbuh tinggi dan kuat, cerdas kreatif, supel, mandiri serta percaya diri. Dan saya tidak sabar menantikan penampilan Anak Generasi Maju dalam Festival Sahabat Generasi Maju.
Kemudian ibu Astrid melanjutkan, “Dukungan yang selama ini telah diberikan oleh SGM Eksplor dalam hal edukasi nutrisi akan terus dilakukan dalam skala yang lebih besar, dapat dilihat melalui kegiatan Mini Mobi & aktivasi digital.” Di tahun 2018 W1 – W3 pada bulan Juli, aktivitas Mini Mobi akan berkeliling ke 8.000 area di Indonesia dan melakukan edukasi nutrisi dan stimulasi bagi anak-anak melalui berbagai permainan edukatif. Edukasi nutrisi juga dilakukan melalui media digital di Facebook Aku Anak SGM, bertujuan menjangkau lebih banyak lagi orang tua di Indonesia. Dalam halaman Facebook Aku Anak SGM terdapat berbagai kiat tumbuh kembang anak, live chat dengan para ahli seperti dokter anak dan psikolog anak, selain itu orang tua dapat bertanya secara langsung dari ahlinya sehingga dapat mendukung Ibu untuk mewujudkan 5 Potensi Prestasi Anak Generasi Maju yang cerdas kreatif, tumbuh tinggi & kuat, supel, mandiri & percaya diri.
Nah sebagai Anak Generasi Maju yang memiliki aktivitas yang bervariasi di luar rumah, pemenuhan bekal nutrisi si kecil harus tetap diperhatikan oleh sebab itu kini SGM juga meluncurkan minuman susu UHT SGM Aktif dengan formula Complinutri, yang mengandung Omega 3, Omega 6, Vitamin, dan Mineral diadaptasi dari kebaikan susu bubuk SGM Eksplor. Minuman susu UHT SGM Aktif formula Complinutri hadir dalam kemasan kotak dengan ukuran 110ml yang praktis dengan dua varian rasa lezat yaitu coklat dan strawberi, dan saat ini sudah bisa didapatkan di berbagai mini market, hypermarket dan supermarket serta gerai terdekat. Semua rangkaian produk bernutrisi SGM Eksplor hadir untuk mendukung orang tua agar bisa mendorong anak memiliki 5 Potensi Prestasi Anak Generasi Maju.
Perayaan potensi prestasi si kecil ini tidak hanya dilakukan di Jakarta saja tapi juga akan dilakukan di Yogyakarta & Surabaya, dan akan diadakan grand final dalam rangka perayaan Hari Anak Nasional di Jakarta pada bulan Juli mendatang. Dalam grand final ini akan terpilih 25 pemenang yang akan mendapatkan dana beasiswa pendidikan dengan nilai total satu milyar rupiah. Waaah banyak banget kan hadiahnya…

Jadi tunggu apalagi Yuk Bunda ikutan lomba foto potensi prestasi si kecil dengan mengunggah cerita potensi prestasi si kecil melalui Facebook Aku Anak SGM dari 19 April – 10 Juni 2018. Semoga beruntung!

1 comments:

Dewi Nuryanti said...

Anak anakku suka loh dengan rasa SGM uhtnya. Mereka bilang enak. Sbg orang tua sdh seharusnya kita terus menggali potensi anak ya Mba.

Post a Comment

 

Beauty Diary Kania Copyright © 2011 Design by Ipietoon Blogger Template | web hosting