Tuesday, February 6, 2018

Investasi Properti Untuk Generasi Muda Zaman Now Hanya di Hunian LRT City

Posted by Kania Safitri at 9:31 PM
Hello Beauties…

Siapa bilang kegiatan investasi hanya dilakukan orang yang matang secara keuangan. Generasi muda saat ini atau yang dikenal dengan generasi zaman now atau sering disebut ‘milenial’ yang sudah tidak asing dengan investasi untuk keperluan masa depan. Apalagi, generasi muda adalah usia-usia produktif seseorang. Di usia itu, kamu pun sedang sangat bersemangat bekerja. Investasi adalah hal yang mutlak dan sepatutnya dimulai sedini mungkin.
Pas banget niy kemarin aku dateng ke acara Tren Investasi Generasi Muda tepatnya pada 5 Februari 2018 di booth LRT City, Indonesia Properti Expo 2018 – JCC Senayan, Jakarta. Acara ini menghadirkan Bapak David Cornelis sebagai seorang pengamat properti, Keenan Pearce sebagai sosok generasi muda zaman now yang juga dikenal sebagai public figure, influencer dan Co-Founder Makna Creative. Acara ini juga dihadiri Bapak Setya Aji Permana selaku Project Manager Eastern Green LRT City.
Pak David menjelaskan bahwa generasi muda masa kini sudah lebih  melek tentang keuangan dibandingkan generasi sebelumnya namun sayangnya, belum paham benar produk investasi. Berdasarkan penjelasannya  hanya 10 persen yang dapat menyisihkan penghasilannya untuk ditabung, belum diinvestasi.
Sudah saatnya generasi muda segera berinvestasi, salah satunya melalui properti. Lalu sejauh mana pentingnya properti sebagai investasi? “ Properti bak sebagai hunian maupun sebagai sarana investasi sangat baik untuk anak muda apalagi yang belum memilikinya. Sebagai investasi, pembeli dapat membeli via aset riil (rumah/apartemen)yang emmiliki potensi keuntungan 5 – 25 persen per tahun bergantung lokasi ataupun dengan membeli saham perusahaan properti via Bursa Efek Indonesia dengan potensi keuntungan 10 – 29 persen per tahunnya. Berdasarkan data historis selama dua dekade yaitu 1997 – 2017. Penting karena setiap tahunnya harga properti naik yang tidak terkejar oleh pendapatan anak muda secara umum” Pak David menjelaskan.
Pak David juga mengatakan bahwa trennya saat ini, 2018 adalah waktu yang tepat untuk memulai investasi properti dimana harga saham-saham properti masih tergolong undervalued (murah), artinya menyimpan potensi kenaikan yang sangat tinggi di 2018 dan 2019, terutama karena faktor infrastruktur yang akan selesai dan faktor pilkada dan pilpres yang diprediksi akan positif terhadap market. Itulah mengapa, generasi muda perlu berinvestasi properti sejak dini dan tidak menundanya. Apalagi, secara empiris kenaikan harga properti bisa sampai dua kali lipat dibandingkan kenaikan pendapatan secara umum.

Berdasarkan penjelasan pak David untuk properti apa yang cocok bagi anak zaman now yaitu hunian vertikal sperti rusunami/apartemen dengan alasan lokasi yang dekat dengan pusat aktivitas atau dekat dengan transportasi publik (transit oriented development). Tidak sedikit juga anak muda yang berinvestasi membangun kos bersama partnernya di kota-kota satelit.
Cara Milenial memiliki Properti
- Menikah (Gabungan aset dan penghasilan)
- Kerja di perusahaan pemberi fasilitas hunian
- Kerja di perusahaan pemberi fasilitas kredit
- Berhutang (cicilan max 30% penghasilan)
- Catatan : Berhutang harus hutang yang produktif + beli aset yang produktif
- Berinvestasi (Reksa dana atau saham)
- Catatan : Gunakan fasilitas auto debit bank untuk berinvestasi di akhir  bulan.

Keenan Pearce menganggap bahwa tak salah jika ada yang menganggap bahwa millenial suka traveling. Karena penting juga untuk dapat menyenangkan diri sendiri. Namun ia pun melihat pentingnya investasi sejak dini. Maka tak heran jika sejak usia 20 tahun pengusaha di bidang industri kreatif ini telah menginvestasikan uangnya dengan membeli apartemen. Tuh kan keren banget, Keenan saja sudah bisa mengikuti tren generasi muda zaman now masa kamu gak!
Membeli properti sekilas mungkin terdengar terlalu mahal bagi anak muda yang notabene penghasilannya masih belum tinggi. Walau begitu, bukan berarti mustahil bagi anak muda memulai investasi properti. Karena jawabannya adalah kalian bisa memulai investasi properti dengan hunian apartemen yang dekat dengan akses LRT City. Ok, aku akan jelaskan tentang LRT ke kalian ya…

Apa itu LRT ?
LRT  atau Light Rail Transit adalah salah satu pengembangan angkutan massal kereta api penumpang yang beroperasi di kawasan perkotaan. Dengan konstruksi ringan, LRT  dapat dioperasikan berjalan berama lalu lintas kendaraan lain atau dalam lintasan khusus.
Bagaimana LRT dibangun?
- Dibangun di atas row jalan eksisting/lajur melayang untuk mengurangi pembebasan lahan
- Elevated track yang memungkinkan operasi kereta dengan frekuensi dan kecepatan tinggi
- Akses ke station dengan konsep skywalk memungkinkan pengembangan properti untuk peningkatan pendapatan
- Jalur LRT menghubungkan berbagai kawasan pemukiman di tepi kota dengan berbagai pusat aktivitas ekonomi
- Fleksibilitas LRT memungkinkan jalur berada diantara gedung atau kawasan-kawasan lain dengan ketersediaan lahan relatif sempit.

Apa tujuan LRT dibangun?
Untuk meningkatkan cakupan layanan, kapasitas, dan kualitas sistem angkutan umum di Jakarta, memperbaiki koordinasi dalam penyediaan sistem angkutan umum dan mengintegrasikan dengan moda angkutan lainnya. 

Menurut aku lebih simplenya siy proyek ini bertujuan membantu mengurai kemacetan Ibu kota Jakarta, serta memberikan pilihan moda transportasi massal bagi masyarakat dari luar Jakarta menuju Jakarta dan sebaliknya.
Image source by Google
Kapasitas penumpang LRT?
LRT ini akan mampu mengangkut penumpang sampai 460.000 penumpang/hari yang dinilai efektif untuk membantu mengurai penggunaan mobil pribadi.

LRT diharapkan akan mampu mengubah kehidupan masyarakat Jakarta yang selama ini menggunakan sarana transportasi pribadi, berubah menggunakan sarana transportasi umum.

Nah pas banget kan sesuai penjelasan dari pak David kalau generasi muda Zaman now lebih memilih berinvestasi  kawasan yang dekat dengan pusat aktivitas atau dekat dengan transportasi publik (transit oriented development). Seperti di hunian LRT City yang mengembangkan konsep Transit Oriented Development (TOD) sebagai solusi akan kondisi kemacetan yang ada. Sehingga dengan adanya kawasan TOD, masyarakat akan diuntungkan, baik hunian maupun komersial, yang terintegrasi dalam satu kawasan dengan sistem transportasi masal.
Konsep TOD adalah sebuah konsep penataan kota yang dinilai paling tepat untuk solusi jangka panjang masyarakat Jakarta. Dengan konsep yang mengedepankan Connect, Compact, Transit, Mix, Shift, Walk, Densify dan Cycle, kawasan TOD akan menjadi solusi yang memberikan kenyamanan bertempat tinggal, serta menjadi peradaban baru dalam kehidupan masyarakat kaum urban di jakarta.

PT. Adhi Karya (Persero) Tbk, melalui Departemen TOD dan Hotel, mengembangkan kawasan dengan konsep Transit Oriented Development dengan nama LRT City. Dengan pendekatan pengembangan kota yang bersifat kompak, mengadopsi tata campuran (mixed use), memaksimalkan penggunaan angkutan masal LRT dengan dilengkapi jaringan prasarana pejalan kaki dan sepeda. Selain menjadi solusi agar terbebas dari problem kemacetan, properti di LRT City juga dijadikan sebagai produk investasi yang sangat menjanjikan

Penjelasan informasi seputar LRT City ini dijelaskan banyak oleh Bapak Setya Adji Pramana selaku Project Manager Eastern Green, salah satu project LRT yang terletak di Bekasi. Beliau juga mengatakan pengembangan LRT City ini merupakan upaya PT Adhi Karya (persero) Tbk, untuk memberikan kehidupan dan peradaban baru bagi masyarakat kaum urban di Jakarta dan kaum suburban di daerah penyangganya. Beberapa lahan yang berlokasi di titik nol kilometer stasiun LRT Jabodetabek, dan itu yang dikembangkan untuk menjadi kawasan hunian dan komersial. Ini merupakan solusi yang ditawarkan kepada masyarakat, agar kaum suburban bisa mendapatkan hidup yang lebih berkualitas karena terbebas dari problem kemacetan yang semakin parah juga memiliki investasi yang menguntungkan.
Berdasarkan informasi dari pak Adji syarat untuk memiliki hunain LRT City juga tidak ribet hanya perlu KTP, NPWP lalu dibantu kelengkapan lainnya sesuai data yang diperlukan sehingga tidak dipersulit sehingga siapa saja berkesempatan untuk memiliki hunian di kawasan LRT City dengan proses yang cepat dan mudah. Dengan menyesuaikan penghasilan setiap orang yang berbeda-beda. Sehingga semua dapat membeli hunian LRT City tidak hanya orang yang sudah mapan dalam bidang keuangan, generasi muda pun bisa ikut berinvestasi dengan DP murah dibawah Rp.40 juta cicilan yang ringan yaitu sebesar Rp.1,9 juta. Nah, cicilan yang kalian bayarkan kelak untuk aset berupa properti tersebut dapat dianggap sebagai bentuk investasi.

Pasalnya, harga properti dalam jangka panjang kemungkinan besar akan terus melejit sehingga bila dijual kelak, kalian bisa menikmati capital gain yang menguntungkan.
Fasilitas hunian LRT City
- Bicyle Track
- Jogging Track
- Swimming Pool
- 24 Hours Security Access
- Playground
- Plaza
- Mosque

Fasilitas Pendukung
LRT Station
Mall/ Commercial area
Ruko
Basement Parking area
Feeder Bus

Keindahan Desain
- Breathable Basement
- Urban Resort Concept
- Sorrounded by Ponds
- Floating Stage
- Art Instalation
- Buned Hills
- Symphony Garden

Hunian LRT City juga sesuai dengan generasi anak muda Zaman now pastinya terdapat basement sehingga memudahkan untuk parkir kedaraan, terdapat commercial station mall, restoran, coffe shop, pusat perbelanjaan yang berada di dalamnya juga agar tidak ketinggalan update film terbaru terdapat cinema untuk menonton film.

Keuntungan memiliki property di kawasan LRT City yaitu :
- 65.919 units apartments
- 286.000 aqm Commercial Area
- 82.000 sqm office area
- Indonesian State Owned Enterprises (Government)
- Completed permits building license
- Publish actual semi gross price
- 2019 one tower and other facilities dedicated for elartizen
Rencana pengembangan LRT Jabodetabek oleh PT. Adhi Karya (Persero) Tbk antara lain :
- LRT City Sentul – Royal Sentul Park
- LRT City Bekasi – Eastern Green
- LRT City Jaticempaka – Gateway Park
- LRT City Ciracas – Urban Signature dan
- Cisauk Point – member of LRT City (Tangerang)
- Oase Park – member of LRT City (Ciputat – Tangsel)
Image source by Google
Mulai sekarang, gak ada salahnya generasi muda coba untuk investasi demi masa depan yang cemerlang. Salah satu bentuk investasi untuk generasi zaman now adalah dengan membeli properti. Misalnya dengan membeli tempat tinggal di lokasi yang berpotensi strategis seperti hunian LRT City. Bisnis Properti ini sangat menjanjikan. Kamu bisa mulai menabung penghasilan untuk membeli unit apartemen, kemudian disewakan. Setelah nanti berkembang, beli lagi unit yang baru sampai beranak-pinak. Asyik, bukan?
Yuk sekarang ke Indonesia Properti Expo di JCC Senayan Hall A, mulai tanggal 3 – 11 Februari 2018.  Banyak promo menarik yang sayang banget untuk dilewatkan salah satunya yaitu promo cuti bayar 2 bulan dan cicilan hingga 60x, bukan hanya itu beragam hadiah juga diberikan seperti voucher belanja, handphone Samsung, motor, mobil Mitsubishi Expander, paket umroh dan jalan-jalan ke Eropa. Wah banyak banget kan hadiahnya.
Nilai investasi akan makin meningkat seiring dengan waktu, maka semakin cepat kita memulainya semakin banyak pula keuntungan yang bisa didapatkan. Usia muda adalah waktu yang paling tepat untuk mulai mengalokasikan uang dalam skema investasi. Saat belum berkeluarga dan belum ada tanggungan berbagai cicilan, berarti masih ada nominal yang cukup besar yang bisa disisihkan dari penghasilan.

Kalau kalian memang ngaku generasi muda zaman now, maka tidak ada salahnya segera mempertimbangkan untuk investasi properti pastinya investasi ini akan menjadi investasi yang berguna bagi kalian untuk di masa mendatang karena jangka waktu investasi ini biasanya bersifat jangka panjang.
Ok, sekian dari aku semoga bermanfaat  dan sampai jumpa di blogpost berikutnya. Jangan lupa follow my Blog, IGFBTwitter dan Youtube. 

0 comments:

Post a Comment

 

Beauty Diary Kania Copyright © 2011 Design by Ipietoon Blogger Template | web hosting