Wednesday, May 1, 2019

Influencer Marketing Platform Hiip Kini Hadir di Indonesia

Posted by Kania Safitri at 11:15 PM
Hello Beauties…

Seperti yang kita ketahui sekarang ini seiring berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi, kini mulai bermunculan strategi marketing terbaru yang memudahkan user dan advertiser untuk saling berkomunikasi. Nah metode ini lebih dikenal dengan influencer marketing. Di mana metode ini memanfaatkan influencer sebagai kunci dalam mempengaruhi keputusan masyarakat untuk membeli atau menggunakan produk atau jasa tertentu. Saat ini salah satu platform yang dapat membantu influencer untuk terhubung langsung dengan advertiser adalah HIIP.

Jadi pas banget belum lama ini aku menghadiri acara press Conference & Launching HIIP Indonesia yang diadakan pada hari Kamis, 25 April 2019 bertempat di The Dutch Jakarta.  Jadi buat yang belum tau HIIP itu apa aku akan jelaskan terlebih dahulu ya… Hiip adalah influencer marketing platform yang menghubungkan antara brand dan influencer dengan menggunakan teknologi Big Data dan Artificial Intelegence. Platform Hiip didesain sedemikian rupa untuk mengakomodir kampanye digital yang masif dan menemukan influencer yang tepat. Hiip telah menghubungkan lebih dari 500 brand dan berkolaborasi dengan 6000 influencer.
Sebelumnya Hiip telah sukses di Vietnam dan Thailand, kemudian Hiip Asia melakukan ekspansi ke Indoenasia menggandeng jaringan blogger mikro influencer BP Network, dengan mendirikan perusahaan patungan PT Hiip Inovasi Indonesia. Hiip adalah Influencer marketing platform yang menghubungkan antara brand dan influencer dengan menggunakan teknologi Big Data dan Artificial Intelligence (AI).

Pada acara ini dihadiri oleh Eric Rosenkranz selaku Chairman Hiip Asia, Phi Nguyen selaku CEO Hiip Asia, Almazia Pratita selaku CFO Hiip Indonesia dan Shinta ries Nijerinda selaku CEO Hiip Indonesia.
Setelah acara dibuka oleh MC lalu dilanjutkan sambutan oleh Eric Rosenkranz selaku Chairman Hiip Asia yang menceritakan bahwa Di era digital, ke depan influencer akan makin menjadi tren di kalangan kaum muda. Berkat kemajuan teknologi digital, ada fenomena baru dimana mereka lebih senang traveling, ingin banyak tahu dan gemar menjelajah. Tren bekerja juga bergeser, dulu banyak anak muda bercita-cita ingin jadi dokter, polisi atau sejenisnya, tapi di banyak negara, mulai bergeser ke hal-hal yang terkait dunia digital, seperti menjadi youtuber. Pastinya pernyataan Eric tersebut memang benar karena saat ini anak kecil saja sudah dikasih tontonan youtube yang merupakan media hiburan baik usia anak-anak maupun dewasa. Sehingga wajar saja ketika anak-anak jaman sekarang kalau ditanya mau jadi apa kalau sudah besar nanti mereka spontan menjawab menbadi youtuber.
Kemudian Phi Nguyen selaku Co-Founder dan CEO HIIP Asia, menyampaikan rasa senangnya bisa  bekerja sama dengan BP Network, influencer network perempuan terbesar di Indonesia dengan memberikan akses penuh ke platform kami yang berbasis teknologi AI serta mendukung dari sisi manajemen regional. Harapan saya, ini akan merangkul ekosistem influencer lokal yang telah ada dan akan memberi kesempatan lebih banyak kepada influencer untuk terhubung dengan brand internasional.
BP Network sendiri merupakan jaringan blogger yang menjalankan bisnis Micro Influencer Marketing di Indonesia. Pada tahun 2017, BP Network mendapatkan Bantuan Insentif Pemerintah (BIP) dari Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) dan untuk memperluas pasar influencer di Indonesia, tahun ini menjalin kerja sama dengan Hiip Asia. (ACH)

Dikatakan, Platform Hiip didesain sedemikian rupa untuk mengakomodir kampanye digital yang masif dan menemukan influencer yang tepat. Sejauh ini, Hiip telah menghubungkan lebih dari 500 brand dan berkolaborasi dengan 6.000 influencer. Upaya kemitraan HIIP dilakukan karena melihat potensi pasar media sosial di Indonesia yang besar. Terutama di bidang pemasaran influencer yang kian menjamur di media sosial.

Tidak hanya itu saja  Eric Rosenkranz menambahkan kalau kerjasama ini menguatkan optimisme Hiip untuk mengulang sukses di pasar Indoensia, dan betekad menjadi yang terdepan di bidangnya seperti yang telah diraih di Vietnam dan Thailand. Optimisme itu tak lepas dari tren dan potensi pasar, terutama kaum millenial yang kian akrab dengan dunia digital.

Selanjutnya mbak Shintaries Nijerinda selaku  CEO BP Network menjelaskan, melalui kerja sama ini, diharapkan ada akselerasi untuk peningkatan pasar media sosial di Indonesia, terutama influencer marketing. Dengan kerja sama ini, BP Network juga berkesempatan menjadi perusahaan global dan tentunya akan membuka akses teknologi dengan dukungan Platform Hiip yang memiliki teknologi Artificial Intelligence (AI).
Oya kata mbak Almazia Pratita selaku CFO Hiip Indonesia Hiip ini punya kelebihan yang berbeda dari yang influencer marketing platform lainnya yang tidak hanya memudahkan brand mencari influencer yang tepat untuk mempromosikan produknya, tetapi hebatnya lagi platform ini memudahkan bagi influencer dalam mencari pekerjaan yang sesuai dengan passionnya juga membuka kesempatan luas untuk bekerja sama dengan nrand luar (International). Influencer juga tidak pelru repot buat report tugas-tugas yang sudha dikerjakan karena dengan Hiip menjadi lebih mudah karena systmenya sudah otomatis mengecek sendiri report influencer jadi gak ribet lagi deh.
Harapan aku dengan adanya Hiip Indonesia semakin banyak brand yang tepat sasaran memilih influencer untuk memasarkan produknya agar menjangkau pasar dan audiens yang sesuai. Semakin mudah dan cepat untuk influencer untuk mendapatkan job yang sesuai dengan passionnya dengan proses yang gak ribet. Selain itu semoga Hiip juga bisa  menyukseskan para content creator baik yang pemula maupun yang sudah lama berkecimpung di dunia content creator atau influencer.

Yuk download aplikasi Hiip di Apps Store atau Google Play secara GRATIS lalu registrasikan diri kamu. Siapa tau sebentar lagi akan banyak job kerjasama dari Hiip lhooo...
Gimana kalian sudah download aplikasi Hiip belum atau kalian sudah dapet job malahan dari Hiip? kalau boleh tau share dong dikolom komentar siapa tau bisa ketemuan di next event bareng aku nanti. Ok, sekian dari aku semoga bermanfaat  dan sampai jumpa di blogpost berikutnya. Jangan lupa follow my Blog, IGFBTwitter dan Youtube.

Thank you and have a nice day :)

0 comments:

Post a Comment

 

Beauty Diary Kania Copyright © 2011 Design by Ipietoon Blogger Template | web hosting