Sunday, February 24, 2019

Belajar Finansial Dengan Cara Yang Menyenangkan Bersama Kurikulum Cha-Ching

Posted by Kania Safitri at 1:02 PM
Halo Moms...

Moms, pendidikan keuangan dasar ternyata perlu dilakukan sejak dini loh, sejak anak-anak mulai mengenal uang agar mereka lebih menghargai arti kerja keras dan tahu bagaimana cara untuk mendapatkan, menabung, belanja dan juga menyumbangkan uang.

Pada tanggal 20 Februari 2019 aku menghadiri acara Prudential Indonesia melanjutkan implementasi kurikulum Cha-Ching di Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan – Jakarta. Setelah sebelumnya sukses meningkatkan literasi keuangan pada siswa Sekolah Dasar di Siduarjo pada 2017, PT. Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) kini melanjutkan pengenalan Kurikulum “Cha-Ching” pada instansi pendidikan di Jabodetabek, untuk membantu menanamkan keterampilan pengelolaan uang dasar, khususnya pada anak-anak berusia antara 7 hingga 12 tahun. Kegaiatan ini sejalan dengan Peraturan Otoritas Jasa Keauangan (POJK) nomor 76 tahun 2016, untuk mengimplementasikan pendidikan keuangan pada masyarakat Indoneisa.
Implementasi kurikulum Cha-Ching merupakan kelanjutan dari upaya Prudential Indonesia untuk memperkenalkan program edukasi keuangan untuk anak. Hingga kini kurikulum Cha-Ching telah diimplementasikan di 602 sekolah sekolah di Sidoarjo dan menjangkau lebih dari 29.000 siswa Sekolah Dasar dan sekitar 969guru.
Prudential Indonesia telah memperkenalkan Cha-ching sejak tahun 2012, dan sampai hari ini telah menjangkau lebih dari 1 juta orang melalui media online dan kegiatan-kegiatan off-air.
Situs Web (Chaching, Cartoonnetworkasia.com) dan media sosial (Youtube, Facebook, dan Instagram) – berhasil mencapai 1.4 juta orang yang terpapar oleh program Chaching (2012-2018)
Cha-Ching Goes To School (2015- 2017) mencapai  3.438 siswa di Jabodetabek .
Pruential Indonesia telah bekerja sama dengan beberapa mitra komunitas seperti Komunitas Belajar Sejahterakan Indonesia, Komunitas Jendela, BEBEK Berkarya, Komunitas Kampung Vietnam, dan Mari Mengajar untuk makin memperluas dari Cha-Ching.
Cha-ching adalah program yang mengenalkan dan mengajarkan pengelolaan keuangan bagi anak-anak berumur 7 - 12 tahun untuk dapat paham literasi keuangan.  Dikemas menarik dengan video musik, anak-anak diajak untuk melihat bagaimana Cha-Ching, sebuah grup musik menjalani kegiatannya sehar-hari.  Mulai dari berbelanja untuk grup, mengatur perjalanan roadshow, membantu sesama, mencari uang sampai berinvestasi.

Dalam acara ini hadir Ibu Nini Sumohandoyo, Sharia Government Relations and community investment Director yang menjelaskan Prudential Indonesia memahami bahwa sebuah bisnis yang bertanggung jawab adalah bisnis yang memiliki komitmen berkelanjutan untuk mengembangkan masyarakat serta lingkungan sekitarnya. Sesuai dengan fokus “We Do Good” yang dicanangkan Prudential di awal tahun, Kami terus berkomitmen untuk mendukung usaha pemerintah dalam meningkatkan literasi serta inklusi keuangan masyarakat Indonesia terutama anak-anak di tingkat sekolah dasar, salah satunya melalui program Cha-Ching.
Dalam kurikulum Cha-Ching anak akan belajar perputaran uang dengan menanamkan emapt konsep dimulai dari bagaimana uang di buat, dicetak, disalurkan ke bank dan atm dan bagaimana kita bisa memperoleh (earn) uang dengan cara bekerja, juga bagaimana kita mengarahkan anak-anak untuk bisa bijak menyimpan (save), membelanjakan (spend) dan menyumbangkan (donate) dalam kehidupan sehari-hari siswa.
Kurikulum Cha-Ching
1. Berkenalan dengan Band Cha-Ching dan seluruh personil anggotanya dengan beragam sifat yang bisa menjadi pembelajaran anak-anak.

2. Earn, anak mempelajari dan juga mengetahui bagaimana kita bisa mendapatkan uang. Yaitu dengan cara bekerja dan berjualan atau bahkan berkesenian.

3. Save, anak di ajarkan untuk menyukai aktivitas menabung, bagaimana menabung bisa membuat kita berhasil mewujudkan impian kita.

4. Spend, anak di arahkan untuk lebih mengutamakan pemenuhan kebutuhan dibandingkan keinginan.

5. Donate, bagaimana sih beramal itu dapat dilakukan, betapa menyenangkan saat kita bisa melakukan kebaikan dengan beramal.

Tujuan dari memberikan pendidikan keuangan sejak dini adalah untuk memberikan pemahaman dasar mengenai pentingnya nilai uang sehingga diharapkan agar anak-anak dapat membuat keputusan finansial yang lebih baik saat dewasa. Kurikulum Cha-Ching ini sejalan dengan studi dari Inuversity of Cambridge yang mengungkapkan bahwaanak-anak mulai membentuk kebiasaan finansial sejak usia 7 tahun. Oleh karena itu sangat penting untuk memberikan pemahaman dasar mengenai keuangan sejak dini tersebut.
Saat anak bermain, mereka belajar dan menyerap pesan moral yang tersirat dalam setiap pembelajaran dan pada saat dewasa akan menjadi pribadi yang lebih baik dalam mengelola finansial.

Selanjutnya Bapak Marc Fancy selaku Executive Director Prudence Foundation mengatakan “misi kami adalah menjamin masa depan komunitas kami di wilayah Asia termasuk di Indonesia dengan memajukan bisang pendidikan, kesehatan dan keselamatan. Bidang pendidikan sendiri mempunyai peran yang sangat fundamental dalam pembangunan Sumber Daya Manusia. Dengan populasi golongan menengah dunia yang diperkirakan akan naik dari 1.8 miliar di 2009 menjadi 4.9 miliar di 2030, diamna 66% diantaranya berasal dari Asia, dan juga mengingat peningkatan inklusi keuangan yang cukup pesat , adalah suatu keharusan bagi semua individu untuk membekali diri dengan pengetahuan dan pemahaman tentang keuangan untuk menjamin keberhasilan mereka di masa depan.
Prudential indonesia memahami bahwa inisiatif yang dijalankan oleh perusahaan untuk meningkatkan literasi dan inklusi keuangan pada anak membutuhkan sinergi dan dukungan dari berbagai pihak terkait untuk memperluas manfaatnya. Oleh karena itu, Prudential Indonesia senang karena program ini dapat diterima dengan baikoleh para pemangku kepentingan perusahaan baik di Sidoarjao maupun Jakarta.

Kemduan hadir pula Bapak Siddi Harta Moersjid, Keua Dewan nasional Perastasi Junior Indonesia (PJI) menjelaskan, “kami sangat senang diberikan kepercayaan untuk mengimplementasikan kurikulum Cha-Ching di Indonesia. Kami percaya program kurikulum Cha-Ching yang diselenggarakan Prudential Indonesia mampu menjadi barometer positifbagi peningkatan literasi keuangan untuk anak-anak tingkat sekolah dasar di Indonesia. Secara keseluruhan, implementasi program kurikulum Cha-Ching sebelumnya di Sidoarjo mampu memberikan dampak edukatif yang kuat dan positif bagi pelajar yang berpartisipasi, dengan adanya peningkatan nilai pemahaman materi kurikulum sebanyak 19%.
Pada tahun 2018, kurikulum Cha-Ching telah diperkenalkan di 221 sekolah di Jakarta dengan capaian 14.062 murid dan 466 guru. Hingga tahun 2020 mendatang, Cha- Ching ditargetkan dapat menjangkau 92.000 siswa di 1.546 sekolah  di jakarta. Sebagai kelanjutan dari upaya Prudential memperkenalkan Kurikulum Cha – Ching di Indonesia. Prudential Indonesia menyelenggarakan “Workshop Kurikulum Cha-Ching bersama Sabaga Cha-Ching” di Jakarta pada Juli 2018. Melalui kegiatan tersebut, Prudential Indenesia inginmerangkaul perwakilan komunitas edukasi di Jakarta dans ekitarny, untuk terus bekerja sama meningkatkan kesadaran masyarakat Indonesia mengenai Literasi keuangan.

Program pengenalan ini diharapkan dapat membantu meningkatkan awareness masyarakat Indonesia akan pentingnya literasi keuangan untuk anak-anak serta mengajak mereka untuk belajar dengan cara yang menyenangkan.
Yuk Mom nonton video tentang Cha-Ching di Channel Youtube Cartoon Network, biar si kecil mulai memahami finansial sejak dini. Ok, sekian dari aku semoga bermanfaat  dan sampai jumpa di blogpost berikutnya. Jangan lupa follow my Blog, IGFBTwitter dan Youtube.

Thank you and have a nice day :)

0 comments:

Post a Comment

 

Beauty Diary Kania Copyright © 2011 Design by Ipietoon Blogger Template | web hosting