Tuesday, June 5, 2018

Jadikan Si Kecil Cepat Tanggap yang Lengkap

Posted by Kania Safitri at 1:45 PM
Halo Mam…

Tumbuh kembang anak sudah seharusnya diperhatikan dan dijaga dengan baik oleh kedua orang tua, karena dua hal tersebut adalah indikator penting untuk mengukur kesehatan anak, yang juga berpengaruh pada kualitas hidup si Kecil di masa depan. Nah, untuk mengoptimalkan perkembangan anak pada masa emasnya, orangtua sudah pasti berperan penting dalam membantu tumbuh kembang anak, terutama ibundanya.

Pertama, Mam harus memahami kemampuan anak. Mam perlu memahami kemampuan mereka sebelum mulai mengajari mereka sesuatu yang baru melalui permainan anak yang mendidik. Setiap anak memiliki kebutuhan, kemampuan dan kekuatan yang berbeda. Sangat penting untuk memahami anak sendiri dan tidak membandingkannya dengan anak-anak yang lain. Beberapa anak mungkin memiliki kecepatan belajar yang lebih lambat dibandingkan dengan orang lain dan sebagai orang tua, Mam akan perlu mengidentifikasi itu. Luangkan waktu bersama anak untuk memahami dirinya dan keterampilannya serta menilai seberapa tajam dia dalam memilah hal-hal baru. Mam harus memahami mereka jika benar-benar ingin mereka belajar bisa belajar dengan baik. Anak tidak hanya cukup menjadi pintar, tapi mereka perlu tumbuh dengan Tanggap yang Lengkap : Cepat Tanggap, punya Rasa Peduli dan Tanggap Besrsosialisasi.
Kaka safa pastinya senang sekali kalau sedang bermain. Bermain bukan hanya untuk menghabiskan waktu luang saja yang berfungsi menyenangkan si kecil lho Mam, permainan yang sesuai dengan tahapan usia memiliki manfaat lain, yaitu untuk merangsang dan menstimulasi kecerdasan anak. Mainan dapat memupuk dan melatih kemampuan gerak, intelektual dan sosialnya. Jenis mainan yang tepat juga dapat membantu si kecil mengembangkan kemampuan mengespresikan diri, koordinasi antara otak, mata, gerak anggota badan, melatih kreativitas, dan daya imajinasinya.

Sekarang ini Kaka Safa lagi senang sekali bermain di air. Sebagai orang tua saya harus selalu mendukung penuh kepintaran dan kreatifitas Safa. Karena Safa lagi suka bermain air, kami sekeluarga setiap akhir pekan sering mengajak pergi Safa ke arena kolam renang anak-anak seperti water boom atau terkadang kami juga berlibur ke pantai untuk menciptakan suasana bermain air yang bervariasi. Bermain air di area terbuka (outdoor) sambil belajar berenang, loncat-loncat di dalam air, berlari dan bermain pasir pantai dapat membantu untuk mengasah cepat tanggap yang lengkap. Seru deh menemani Si Kecil bermain sambil belajar.
Biasanya saya juga memberikan berbagai stimulasi untuk menciptakan pengalaman yang berbeda kepada Safa. Dengan membiarkan Safa merasakan sentuhan pasir pantai dan air, mendengarkan suara air ataupun bunyi ombak di pantai, serta berbagai hal yang timbul saat bermain di air seperti rasa, bau, ukuran dan bentuk yang berbeda-beda pun dapat dipelajari sambil didampingi secara langsung oleh saya dan suami untuk memberikan penjelasan di setiap hal yang baru Si Kecil rasakan.

Safa senang sekali bermain apalagi kalau saya mulai menjelaskan sambil bercerita tentang alam dan binatang. Saya juga biasanya menjawab pertanyaan Safa dengan bahasa yang sederhana dan biasanya saya juga mengajukan beberapa pertanyaan sambil bercerita untuk menguak rasa ingin tahunya.
Selain itu, saya juga selalu berusaha meluangkan waktu untuk bermain dengan  Safa, karena bermain dapat mempererat hubungan emosional kita dengan si Kecil serta mampu meningkatkan kepercayaan dirinya kelak nanti. Saya juga tidak lupa memberikan pujian pada setiap hal yang diraihnya dengan baik pada setiap aktivitas bermain bersamanya.

Saya senang sekali melihat kaka Safa di usianya yang ke-empat tahun sudah mulai menunjukkan tanggap yang lengkap salah satunya sudah bisa membedakan jenis benda padat dan cair, mampu mengenal huruf, berhitung 1 sampai dengan 10 serta mau membantu adiknya seperti belajar dan membaca, memakai sendal dan bermain bersama teman-teman sekitarnya dengan mainan yang dimilikinya untuk dimainkan bersama.
Pastinya, saya juga tidak lupa untuk memberikan nutrisi otak tepat untuk tumbuh kembang Safa,  saya memilih susu pertumbuhan Bebelac baru dengan formula yang disempurnakan untuk dukung si Kecil tumbuh dengan Tanggap yang Lengkap yang mengandung.
• Minyak Ikan & Omega 6 yang penting sebagai nutrisi otak.
• FOS:GOS 1:9 yang dipatenkan.
• 13 Vitamin dan 9 mineral

Nutrisi yang tepat untuk perkembangan otak si kecil mendukungnya tidak hanya memiliki kecerdasan intelektual, tapi juga kecerdasan emosional dan kecerdasan sosial.

Untuk mengetahui cara mendidik anak yang baik dengan tanggap yang lengkap dan berbagai tips parenting anak lainnya, kunjungi http://bit.ly/ArticleTanggap2
Terima kasih mam sudah mampir dan semoga postingan aku ini bermanfaat yah khususnya untuk yang sudah berkeluarga atau merencanakan berkeluarga. Jangan lupa follow my Blog, IG. FB, Twitter dan Youtube.

Have a nice day :)

15 comments:

Muslifa BunSal Aseani said...

Serunya 'ciblon' (bermain di pantai, bahasa Semarangan) bareng si kecil.

Salam siang dari Lombok

Astin Astanti said...

senengnya kakak Main di pantai. Anak anak seneng y, diajak mengeksplore alam

Amallia Sarah said...

Kakak Shafa asik banget lihat main air sama mamanya. Rayyan pengen deh mbak aku ajak main ke pantai gini, selain menjalin bounding, bisa sekalian eksplore alam juga...

Helenamantra said...

Safa main sama mermaid cantik ya? Bermain itu belajar bagi anak. Ga masalah anak banyak bermain asal tidak membahayakan diri dan orang lain

Leyla Hana said...

Memang perlu ya mencari jenis mainan yg tepat utk anak terutama yg mendidik agar membantu proses stimulasinya.

Munasyaroh said...

Aduh .... Kaka Safa seneng banget main airnya, jadi pengen gabung dan nyebur Juga ��

Retno Kusumawardani said...

anak anak emang senang sekali bermain di air, begitu juga dengan anakku. Sampai-sampai mereka bisa berenang secara otodidak...

Ria Buchari said...

kk safa happy banget nih main air sama momynya, meluangkan waktu untuk lebih dekat dengan anak memang penting banget ya

Kanianingsih said...

hebat ya Safa ga takut main air di pantai, anak saya liat gelombang agak takut tp tetap main air sih tapi sambil teriak2 :D

April Hamsa said...

Iya buat anak2 bermain itu adalah caranya belajar. Sedangkan buat ortu, bermain adalah waktu terbaik buat stimulasi si kecil :D

Sri Widiyastuti said...

gagal fokus lihat safa mau main air di laut, sejak kapan safa mau mandi air dingin mbak? TFS mbak kania

Mollyta said...

Wah senangnya Safa tumbuh jadi anak tanggap yang lengkap ya. Di usianya ke empat tahun udah bisa mengenal huruf dan berhitung 1 sampai 10.

Ade UFi said...

Bermain utk stimulasi dari luar dan nutrisi dari dalam utk membantu pertumbuhan otaknya ya.

Nurul Dwi Larasati said...

Safa ini miniaturnya mama Kania. Mirip banget. Seru ya main-main di pantai sama si kecil. Motorik kasar terstimulasi.

Affan Ibnu Rahmadi said...

asik nya main air dipantai hingga senja.. :)

Post a Comment

 

Beauty Diary Kania Copyright © 2011 Design by Ipietoon Blogger Template | web hosting