Saturday, March 13, 2021

Solusi Kulit Bebas Maskne Selama Pandemi

Posted by Kania Safitri at 10:10 PM

 Hello Beauties…

 

Gimana kabarnya hari ini? Semoga selalu sehat dan happy ya… Di era “New Normal” saat ini kita dianjurkan menggunakan masker di setiap aktivitas. Masker merupakan hal penting yang tidak boleh dilupakan saat kita keluar rumah di masa pandemi seperti ini. Namun, kalau pakai masker wajah terlalu sering dan lama dapat mengakibatkan timbulnya jerawat atau dikenal dengan ‘maskne’. Fenomena baru ini tidak hanya terjadi di Indonesia saja, tetapi hampir seluruh dunia.

 

Apa itu maskne? Maskne berbeda dengan jerawat hormonal dan breakout yang sudah eksis dan menjadi problematika sejak dulu, bisa dibilang maskne adalah “pendatang baru” dalam dunia kecantikan. Iya, jenis jerawat yang satu ini muncul hampir bersamaan dengan pandemi virus corona. Maskne sendiri merupakan singkatan dari mask acne. Sesuai namanya, jerawat ini timbul akibat pemakaian masker yang terlalu lama.

 

Saat pemakaian maskne kulit mengalami gesekan berkali-kali hingga membuat micro-tears atau luka kecil. Akibatnya, bakteri dan kotoran lebih mudah masuk dan menyumbat pori-pori. Ditambah lagi dengan tingkat kelembapan yang tinggi pada area wajah yang tertutup masker. Hal inilah yang memicu produksi minyak berlebih.

 

Bagaimana cara mencegah maskne? Sekarang kita bahas yuk bagaimana cara mencegahnya. Dari segi perawatan kulit, Selalu menjaga kebersihan kulit dengan cleanser yang lembut, Tetap jaga hidrasi kulit dengan menggunakan essence atau moisturizer dengan texture ringan.  Hindari pemakaian makeup yang terlalu tebal. Sebagai alternatif, bisa mencoba tinted moisturizer yang dilengkapi dengan SPF.

 

Solusi total untuk #MaskneFree dimulai dari #RespectYourSkin dengan selalu membersihkan wajah pada pagi hari setelah bangun tidur, dimana sisa skincare pada malam hari bisa menjadi pollutant bagi kulit jika tidak dibersihkan dan sesudah kita beraktivitas, untuk mengangkat sisa makeup, debu, dan kotoran, atau malam hari sebelum tidur untuk memastikan wajah beristirahat dalam keadaan bersih dan agar produk perawatan kulit kita bisa menyerap secara maksimal selama kita tidur. Pembersihan adalah langkah pertama dan terpenting untuk menjaga kesehatan kulit kita

Selama pandemi, aku juga tetap melakukan rutinitas perawatan kulit untuk menjaga kesehatan kulit termasuk membersihkan wajah, dengan pembersih yang lembut yaitu Bioderma Sensibio H2O Micellar Water.

Sensibio H2O micellar water merupakan micellar water pertama di dunia yang kini menjadi produk pembersih wajah yang banyak diresepkan dan direkomendasikan oleh para dokter kulit di seluruh dunia.  Didasarkan pada filosofi Ecobiology, Bioderma hanya memilih komposisi pada produk sesuai yang dibutuhkan oleh kulit,  Sensibio H2O Micellar Water, menggunakan Highly Purified Water yakni jenis air yang termurni dan teraman bagi kulit serta setara dengan Water for Injection (WFI). Selain itu Sensibio H2O Micellar Water telah melewati 9x proses pemurnian, sehingga sangat aman dan memiliki toleransi yang baik bagi kulit.  Pemilihan jenis air berperan penting karena air yang digunakan juga dapat menjadi polutan jika tidak dimurnikan dengan baik.

 

Dikemas menggunakan botol bening terbuat dari plastik yang dilengkapi dengan tutup bewarna pink fuschia untuk mejaga isi dalam kemasan tidak tumpah dan tetap higienis. Pada kemasan botol dilengkapi label bewarna putih dengan berbagai informasi seputar Sensibio H2O.

Ingredients Bioderma Sensibio H2O Micellar Water: Highly purified water, Telah melewati 9 tahap pemurnian, Biological pH 5.5, Dermatological Advance Formulation (DAF) patent yang terdiri dari Manitol untuk Anti Oksidan, Rhamnose untuk Anti Peradangan, Xylitol untuk Melembabkan, dan FOS sebagai preservasi alami.

 

Ukuran dan Harga : Rp.100ml (148.500), 250ml (258.500), 500ml (377.300)

 

Cara penggunaanya juga mudah banget tuangkan Sensibio H20 Micellar Water pada kapas. usapkan pada wajah dan area mata hingga bersih dan kotoran dari riasan. Biasanya aku gunakan pada : 

Pagi : Untuk menghilangkan racun & kotoran dihilangkan dalam semalam

Malam : Untuk menghilangkan make-up & partikel polusi yang terkumpul

siang hari

Setelah berkeringat atau memakai masker : Untuk menghilangkan minyak berlebih, keringat dan bakteri sebelum menyumbat pori-pori.

Sensisbio H2O Micellar Water mampu membersihkan kulit secara mendalam pada pagi dan malam hari, dengan tetap menjaga lapisan pelindung alami kulit. Tidak hanya untuk mengangkat polutan dan mengembalikan keseimbangan fungsi perlindungan kulit yang alami, Sensibio H2O Micellar Water juga memiliki formula unik yang membuat kulit mampu menolak stress dari lingkungan dalam jangka panjang. Selain itu Sensibio H2o Micellar Water mampu membersihkan makeup hingga 99%, menghilangkan partikel polusi PM 1 hingga PM 2,5 hingga 98%, serta membersihkan logam berat dari kulit hingga 78%. 

Mau tau apa siy keunikan dari Sensibio H2O dengan produk cleanser sejenisnya? Sensibio H2O mengandung bahan aktiv yang ditoleransi dengan sangat baik oleh kulit karena memiliki kesamaan dengan komposisi alami dari kulit. Sensibio H2O adalah satu-satunya solusi micelle yang secara sempurna sesuai dengan kulit, Fatty Acid Ester, komponen pembentuk micelle, memiliki kesamaan sesuai dengan phospolipids pada membran sel kulit dan secara alami membantu memulihkan kembali lapisan hidrolipid kulit, sehingga memberikan toleransi dan kenyamanan pada kulit.

Kelebihan lain yang aku suka Biorderma ini adalah teksturnya yang hampir serupa dengan air. Bioderma Sensibio H2O memiliki formula yang ringan, tetapi efektif. Bioderma Sensibio H2O ini bukan hanya sekedar membersihkan makeup dengan mudah dan cepat. Bioderma ini juga menenangkan, melembutkan dan memberikan sensasi kesegaran seketika. Makin cinta lagi karena tidak meninggalkan bekas lengket, kering atau berminyak setelah pemakaian dan satu lagi yang aku suka dari Bioderma, gak bikin kulit/mata perih!

 

Memang Bioderma ini cocok banget untuk semua jenis kulit bahkan untuk kamu yang kulitnya sensitif, aku  rekomen banget produk ini untuk kalian yang suka dengan praktis karena gak perlu bilas pakai air.

Langkah selanjutnya untuk #MaskneFree yaitu dengan menjaga kulit terhidrasi. Akibat kulit yang dehidrasi dapat menyebabkan kulit yang tidak nyaman, karena kering menjadi lebih mudah tergesek oleh masker, lebih sensitif, kemerahan dan gatal serta kusam. Hal ini harus segera ditangani karena bila dibiarkan akan menyebabkan masalah kulit lebih lanjut. Sangat penting sepanjang hari untuk menjaga kulit tetap terhidrasi untuk membantu meningkatkan fungsi pelindung kulit kita. Gunakan tonner/essence harian yang mengandung niacinamide untuk meningkatkan tingkat hidrasi kulit.

Saat menggunakan masker pada siang hari sebaiknya pakai pelembab berbahan dasar air dan ringan seperti essence untuk mencegah pori-pori tersumbat. Biasanya aku tap-tap tipis essence berbasis air pada seluruh wajah. Waktu terbaik untuk menggunakannya adalah setelah mencuci muka di pagi hari, untuk mengunci hidrasi air  sepanjang hari.

 

Untuk menjaga kelembapan kulitku aku pakai Bioderma Hydrabio Essence Lotion merupakan essence dengan tekstur yang menyerupai air dan memberikan sensasi segar pada kulit, serta berfungsi untuk memicu tingkat kelembaban kulit dan membantu mencerahkan kulit secara alami.

Kemasannya nya berbentuk botol tabung berwarna biru transparan. Aku suka packaging nya karena bentuknya yang simple. Selain itu, "mulut" dari botolnya ga terlalu besar, sehingga produknya ga akan tumpah atau kebanyakan diambil saat kita tuang ke telapak tangan.

Untuk cara pengaplikasian Bioderma Hydrabio Essence Lotion, setelah membersihkan wajah menggunakan Hydrabio H2O dan face wash, aku memakai Hydrabio Essence lotion menggunakan kapas atau bisa juga ditepuk perlahan pada wajah dengan tangan ke seluruh wajah termasuk leher. 

Ukuran & Harga : 200ml Rp. 297.000

 

Hydrabio Essence Lotion merupakan konsentrat pelembab yang memiliki Aquagenium paten yang terdiri dari 2 kandungan utama yaitu Niacinamide memperkuat daya tahan resistensi kulit dan Apple Seed Extract yang berfungsi menstimulasi kulit untuk memproduksi aquaporins. Aquaporins memiliki peran yang sangat penting untuk kulit karena berfungsi untuk mendistribusikan air di dalam kulit sehingga kulit dapat terjaga kelembapannya. Sebuah inovasi Paten Bioderma ini akan merangsang kemampuan selular kulit, menyeimbangkan air dari dalam menguncinya dipermukaan. Dengan D.A.F paten dapat meningkatkan toleransi kulit. Jadi kulit terhidrasi kembali dengan nyaman, kenyal dan bercahaya.

 

Nah... Menjaga kelembapan pada kulit itu sangat penting hal ini dapat dilakukan dengan mempertahankan mekanisme kulit seperti kadar Aquaporins yang berfungsi untuk mensirkulasi air kedalam sel-sel kulit, Natural Moisturizing Factor yang berfungsi sebagai perekat air dan kondisi lapisan tanduk yang berfungsi mengurangi penguapan air. Apabila salah satu mekanisme tersebut melemah kadar hidrasi pada kulit menjadi tidak optimal menyebabkan kulit dehidrasi.

Aku suka banget pakai Bioderma Hydrabio Essence Lotion, karena formulanya ringan, terasa dingin dikulit, cepat banget diserap oleh kulit. Sehingga aku ga perlu menunggu waktu lama untuk melanjutkan tahap selanjutnya. Aku juga suka dengan wangi fragrance yang soft banget sehingga dapat menenangkan.

Sumpah aku tuh suka banget sama semua produk Bioderma beruntungnya produk-produk Bioderma selalu cocok sama kulit aku, beneran lho aku sudah membuktikannya sendiri dengan menggunakan Bioderma kulit jadi lebih sehat, bebas maskne dan selalu lembab.

Apakah hanya itu saja untuk Maskne Free? Tentu tidak. Pastikan kamu mengganti maskermu maksimal setiap empat jam sekali, ya.

 

Nah kalau kalian gimana biar kulit sehat bebas maskne? Let me know and feel free to comment below. Ok, I really hope you enjoy this review.

 

Untuk informasi mengenai  Bioderma Indonesia lebih lanjut dengan mengunjungi :

Web : http://www.bioderma.co.id

Facebook : Bioderma Indonesia

Twitter : @Bioderma_ID 

Instagram : @Bioderma_Indonesia

Youtube : Bioderma ID

 

 

 

13 comments:

Lulu Mutiara said...

Micellar water bioderma emang bagus banget�� thank you untuk reviewnya kak❤

Lulu Mutiara said...

Micellar water bioderma emang bagus banget�� thank you untuk reviewnya kak❤

Anazkia said...

Maskne, sebuah pengetahuan baru
Sejak pandemi sering berada di rumah, jadi pakai maskerya betar-bentar doang kalau ke warung.

Makasih sharingnya, Mbak.
Sebuah pengalaman baru untuk saya yang jarang ngurusin wajah :(

Andiyani Achmad said...

bener banget, selama pandemi dan cukup sering pakai masker saat ke luar rumah atau ngantor jadi sering banget timbul jerawat nih.

Sintia Astarina said...

Waaahh sepertinya aku butuh iniiii! Jerawatku lagi parah banget huhu. Bekasnya itu lho gak ilang-ilang. Pengin coba serum tapi takut enggak cocok. Produk ini bisa dijadiin pilihan, yaa. Thanks, Kak! :D

ginanelwan said...

mba kania, aku juga punya masalah gatal-gatal disaat aq pake masker, kadang jg timbul bentol dan jerawat..entah masalah dr maskernya atau gmna ya hihihi

Utie Adnu said...

Ah iya terutama anakku tuh kak.. Karena Kan seharian hrs ketemu guru n teman2nya boleh nih noted Aku pakein bioderma tapi ini cocok gak y buàt usai 14tn gitu

Ria Bilqis said...

Saya banget ini, setiap setelahbpakai masker agak lama, pasti besoknya muncul Maskne. Boleh juga nih solusinya dengan bioderma.

Sapa Dunia said...

Saya baru tau, bahwa jerawat ada yang baru maskne. Tetapi manusia diberi akal pekerti, selalu menemukan solusi untuk setiap masalah dihadapi. Pun madalah maskme, yak perlu bingung mengatasi.

Putu Sukartini said...

Wah pas banget dengan yang aku butuhkan nih
Sejak pandemi setiap keluar rumah selalu pakai masker
Tapi ya gitu, setelah tertutup masker, kulit jadi bruntusan, apalagi kalau pakainya masker medis huhuhu

Harus selalu sedia bioderma nih

Nurul Dwi Larasati said...

Baru tahu juga istilah maskne ini. Terlalu lama pakai malah jadi jerawatan ya. Untungnya ada Bioderma sebagai solusi penghilang maskne ini.

Olivia Ratna said...

wihhh wajib coba nih, mukaku jg kusam banget karna sering pake masker 🥲. untung ada bioderma

aminatussaadah said...

Bioderma ini banyak banget di pake sama beayty enthusiat jadi kepo banget pengen cobain

Post a Comment

 

Beauty Diary Kania Copyright © 2011 Design by Ipietoon Blogger Template | web hosting