Friday, August 12, 2022

Keunggulan RS Premiere Bintaro dan Health Talk Mitos & Fakta Saraf Kejepit

Posted by Kania Safitri at 3:24 PM

Hello Beauties…

Hari minggu kemarin tepatnya tanggal 7 Agustus 2022, aku mengikuti acara Blogger & Vlogger Gathering, yang di adakan di RS Premiere Bintaro. Membahas tentang kesehatan mengenai “Mitos & Fakta Saraf Kejepit”  bersama narasumber dr. Omar Luthfi Sp.OT (K-Spine) yang tergabung di dalam tim dokter Spine Center.

Pada sesi pertama saya dan teman-teman mengikuti Hospital Tour, yaitu untuk mengenal lebih dekat berbagai fasilitas dan pelayanan yang ada di rumah sakit Premier Bintaro. Ada lima layanan unggulan di rumah sakit ini, yaitu : Vascular Center, Skin and Laser Center, Spine Center, Sport Clinic, dan Stroke Center. 

Sebelumnya aku informasikan terlebih dahulu ya… Rumah Sakit Premier Bintaro terletak di tengah kawasan Bintaro Jaya, yang mulai beroperasi pada 12 Oktober 1998, dengan nama Rumah Sakit Internasional Bintaro, dan mulai dari 12 Agustus 2010, Rumah Sakit Internasional Bintaro mengganti namanya menjadi Rumah Sakit PREMIER BINTARO. Perubahan nama rumah sakit dilakukan untuk mematuhi hukum dan peraturan yang berlaku tentang Rumah Sakit Indonesia Kelas Dunia.

Saat masuk melalui area lobby utama Rumah Sakit Premier Bintaro yang luas, dengan ruang tunggu yang nyaman, kita akan disambut oleh Darby, si robot pintar ikon Rumah Sakit Premier Bintaro yang selalu sigap berlalu lalang di area lobby. Darby ini berbentuk Rusa. Jadi kita yang baru pertama kali mengunjungi Rumah Sakit Premier Bintaro, gak perlu bingung karena Darby siap membantu memberikan informasi yan dibutuhkan pengunjung. Mulai dari informasi tentang jadwal praktek dokter, promo dan layanan yang ada di rumah sakit Premier Bintaro. Darby juga bisa menemani sahabat premier dengan lagu-lagu.

Saat Hospital Tour Rumah Sakit Premier Bintaro aku mengunjungi beberapa fasilitas yang ada di Rumah Sakit Premier Bintaro, mulai dari ruang Visa Medical Check Up, disini bisa melakukan screening paru-paru dan lainnya, bagi yang ingin mengajukan visa ke Amerika, Australia dan negara lainnya. Dilanjutkan ke ruang Radiologi di lantai dasar, yang memiliki fasilitas lengkap. Ruang USG dengan fasilitas  untuk skrining payudara, mamografi. Terdapat juga ruang CT Scan, General X-Ray dan juga ruang MRI 3 Tesla.

MRI adalah teknologi untuk menghasilkan gambar pencitraan anatomi di dalam tubuh, mulai dari tungkai, tulang belakang, saraf, otak, perut, jaringan dan otot, serta organ tubuh lainnya. Mengikuti perkembangan zaman, Rumah Sakit Premier Bintaro menghadirkan kecanggihan teknologi radiologi dari MRI 3 Tesla Signa Pioneer. Dengan teknologi mutakhir Deep Learning , MRI 3 Tesla dapat memangkas waktu pemeriksaan sebesar 40-60 persen sehingga pemeriksaan dapat dilakukan lebih cepat. Sebagai contoh, jika dengan alat pada versi sebelumnya pemeriksaan otak rutin dilakukan selama 18 menit, MRI 3 Tesla hanya butuh waktu 10 menit untuk melakukannya.

Selanjutnya terdapat layanan Skin and Laser Center di RS Premier Bintaro ini. Ternyata alat laser yang digunakan adalah fotona laser yang dapata digunakan oleh multidisiplin tidak hanya untuk dokter spesialis kulit tapi juga spesialis kandungan, THT, vaskular, dan urologi. Salah satu manfaatnya yaitu selain untuk masalah kulit juga bisa untuk merapatkan vagina, memeprbaiki scar, menghilangkan tanda lahir, tattoo dan mengurangi tidur yang mendengkur.

Selanjutnya ada layanan Stroke Center untuk penanganan penyakit stroke yang belakangan ini menjadi penyakit yang umum dikarenakan gaya hidup tidak sehat. Penyakit stroke harus cepat ditangani, agar tidak terjadi kecacatan permanen pada pasien. Jika terkena serangan mendadak stroke, segera meluncur ke RS Premier Bintaro ini ya.

Terakhir ke ruang Spine Center bernama Tulip Clinic yang membawahi ortopedi anak, ortopedi dan ruang rehabilitasi medik atau fisioterapi. Spine Center, merupakan pusat layanan untuk mengatasi semua masalah tulang belakang secara terpadu dan komprehensif. Dengan tim yang terdiri dari berbagai bidang spesialis (spesialis bedah tulang belakang, spesialis neurologi & sub-neuro-fisiologi, spesialis kedokteran fisik & rehabilitasi, dan spesialis radiologi). Penyakit saraf kejepit akan diterapi di Spine Center.

Layanan unggulan lainnya di RS Premier Bintaro ini adalah Sports Clinic. Nggak heran kalau kita bisa jadi bertemu dengan atlet-atlet di rumah sakit ini, karena memang layanan ini khusus mengatasi permasalahan kesehatan yang berhubungan dengan olahraga. Tapi bukan hanya atlet yang bisa memanfaatkan layanan ini. Masyarakat umum yang berolahraga sendiri dan mengalami masalah setelah berolahraga pun bisa datang ke sini. Contohnya, terjadi cedera saat berolahraga karena kurang pemanasan.

Selesai Hospital Tour saya menuju ruang Krakatau untuk mengikuti acara selanjutnya yaitu  Health Talk bersama dr. Omar Luthfi Sp.OT (K-Spine) yang membahas tentang “Mitos & Fakta Saraf Kejepit”.

Gangguan tulang belakang atau popular disebut saraf terjepit harus ditangani dengan cara yang benar. Sebab penanganan yang salah tidak hanya akan membuat rasa sakit berkepanjangan, tetapi juga dapat menurunkan produktivitas penderita.

Apakah rasa nyeri di punggung bawah itu tandanya terkena saraf kejepit? Ternyata itu mitos. Mari kita kenali gejala saraf kejepit yang benar, yaitu sebagai berikut: 

- Terasa nyeri yang menjalar hingga ke tungkai bawah 

- Tubuh terasa kesemutan dan mati rasa

- Mengalami kelemahan gerakan pada tungkai

- Mengalami gangguan rangsang saat BAK dan BAB

Apakah saraf kejepit bisa menyebabkan kelumpuhan? Mitos atau fakta ya... Ternyata itu fakta, lho. Saraf kejepit bisa menyebabkan kelumpuhan jika tidak segera ditangani dengan baik. Jadi, jangan anggap sepele saraf kejepit ya. Penyebab jepitan saraf pada punggung bawah yaitu Herniasi Nucleus Pulposus (HNP), Lumbal Stenosis (penuaan), Spondylolisthesis (pergeseran Tulang belakang) dan Infeksi.

Metode urut dan kretek kretek bisa meringankan nyeri punggung bawah? Faktanya, memang bisa, Tidak semua nyeri punggung bawah boleh dilakukan pemijatan, bahkan ada yang dapat menyebabkan cedera lebih serius.

Saraf terjepit harus dioprasi? Ternyata hanya mitos, Penanganan awalnya menggunakan prosedur bed rest maksimum 2 minggu, pemberian obat-obatan analgetik, penggunaan alat bantu (korset), perubahan gaya hidup, dan program rehab medik oleh Spesialis Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi.

Kapan harus operasi? tindakan operasi yaitu apabila rasa nyerinya masih ada setelah lebih dari 6 minggu, terjadi kelemahan anggota gerak, gangguan bentuk tulang belakang, dan berisiko menyebabkan kelumpuhan

Apakah operasi tulang belakang beresiko tinggi kelumpuhan? Ternyata hanya mitos karena semakin maju ilmu pengetahuan, Keterampilan dokter semakin tinggi, dan peralatan semakin canggih. Salah satu rumah sakit yang juga memberikan layanan khusus untuk penanganan saraf kejepit adalah RS Premier Bintaro melalui Spine Center.

Dr. Omar Luthfi juga memberikan tips untuk mencegah saraf kejepit, yaitu agar kita selalu jaga berat badan ideal, rutin berolahraga (disarankan berenang) dan hindari kegiatan yang beraktivitas berat . Oya cara menghitung berat badan ideal yang mudah adalah cukup mengurangi tinggi badan dengan 100. Misalnya, tinggi badan 158 berarti berat badan idealnya adalah 58. Kalau kelebihan, usahakan deh untuk menguranginya.

Senang sekali acara kali ini membuat aku lebih kenal bagaimana RS Premiere Bintaro serta ilmu tentang seputar saraf kejepit. Semoga kita semua bisa terus menjaga Kesehatan dan Bahagia selalu ya…



0 comments:

Post a Comment

 

Beauty Diary Kania Copyright © 2011 Design by Ipietoon Blogger Template | web hosting