Saturday, August 29, 2020

Event Karya Kreatif Indonesia 2020 Dilakukan Secara Virtual

Posted by Kania Safitri at 11:30 PM

 Hello Beauties…

 

Kali ini aku mau bahas tentang kegiatan UMKM yang ada di Indonesia. Well sebelumnya aku jelasin dulu ya sekedar mengingatkan dalam perekonomian Indonesia, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) adalah kelompok usaha yang memiliki jumlah paling besar. Selain itu, kelompok ini terbukti tahan terhadap berbagai macam goncangan krisis ekonomi. Maka sudah menjadi keharusan untuk melakukan penguatan kelompok UMKM yang melibatkan banyak kelompok.

 

Nah untuk meningkatkan akses pasar UMKM, sejak tahun 2016 Bank Indonesia menyelenggarakan Pameran karya Kreatif Indonesia (KKI). Melalui KKI, UMKM binaan dan mitra Bank Indonesia di seluruh nusantara didorong untuk secara kontinyu melakukan inovasi, memperbaiki kualitas produk sesuai selera pasar dan berorientasi ekspor, serta memanfaatkan platform digital, agar dapat menembus pasar internasional.

Image source www.karyakreatifindonesia.com

KKI merupakan rangkaian event tahunan yang menampilkan produk-produk premium UMKM binaan BI, dengan bersinergi bersama Kementerian/Lembaga dalam pengembangan UMKM. Sebelumnya kegiatan KKI juga dirancang secara terintegrasi, meliputi pameran produk unggulan, pagelaran karya kreatif, talkshow, workshop, business matching dan business coaching untuk mendukung UMKM yang lebih produktif melalui digitalisasi dan mampu menembus pasar global.

 

Jadi pengembangan UMKM oleh Bank Indonesia dilakukan untuk mendukung fungsi, tugas, dan kewenangan Bank Indonesia di bidang kebijakan moneter, makroprudensial dan sistem pembayaran. Untuk mendorong UMKM sebagai sumber pertumbuhan, Bank Indonesia menyusun Strategi Nasional (Stranas) Pengembangan UMKM yang menekankan pada 3 pilar kebijakan yakni Korporatisasi, Kapasitas dan Pembiayaan, yang diharapkan dapat menjawab tantangan-tantangan yang dihadapi oleh UMKM di Indonesia selama ini.

 

Pada perekonomian ditengah pandemi saat ini Bank Indonesia (BI) kembali menyelenggarakan pameran Karya Kreatif Indonesia atau KKI yang ke-5 kalinya secara virtual dengan 3 seri untuk beradaptasi dengan kondisi yang ada. Acara ini diadakan untuk memajukan UMKM sebagai salah satu sumber pertumbuhan ekonomi nasional.

Image source www.karyakreatifindonesia.com

Penyelenggaraan KKI 2020 dilakukan secara virtual sebagai penyesuaian terhadap dinamika ekonomi nasional di masa pandemi dan peradaban baru yang lebih digital, dengan UMKM sebagai fokus pengembangan untuk menjadi sumber pertumbuhan ekonomi baru menuju Indonesia maju. Tema besar KKI Virtual 2020 adalah “Mendorong UMKM Menjadi Kekuatan Baru Perekonomian Nasional Melalui Digitalisasi Akses Pasar”.

 

KKI dilaksanakan dengan tujuan:

1. Mensosialisasikan dan mempublikasikan kepada masyarakat mengenai peran BI dalam pengembangan UMKM,

2. Memperluas akses pasar domestik maupun ekspor dengan mengenalkan produk UMKM berbasis kain tradisional dan kerajinan kepada calon pembeli (marketplace) yaitu masyarakat umum dan pihak-pihak yang terhubung dengan pasar ekspor,

3. Sebagai katalisator bagi pelaku usaha Industri Kreatif dalam meningkatkan kualitas produk sesuai trend pasar sekaligus mendorong peningkatan nilai tambah melalui ekstensifikasi produk

 

Acara yang digelar selama tiga hari, dari Jumat 28 Agustus 2020 sampai dengan Minggu 30 Agustus 2020 ini dalam rangka gelaran Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2020 yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia.

 

Penasaran kaaan 2 seri lainya ini kapan aja berdasarkan informasi yang aku dapatkan, dalam gelar KKI 2020 ini, seri I Sinergi untuk UMKM Ekspor diselenggarakan dari tanggal 28-30 Agustus 2020. Sedangkan untuk kegiatan seri II, yaitu Sinergi untuk UMKM Digital yang akan diselenggarakan pada bulan Oktober 2020. Sementara untuk seri III yaitu Sinergi UMKM untuk Sahabat Milenial, dijadwalkan akan digelar pada bulan November mendatang.

Image source www.karyakreatifindonesia.com

Event KKI diselenggarakan tidak hanya untuk mengangkat karya kreatif dari UMKM-UMKM binaan BI, namun juga mendorong akses perluasan UMKM ke pasar global dengan dukungan pemanfaatan teknologi. Adapun, KKI kali ini menampilkan 377 produk UMKM dari 377 UMKM yang disajikan dalam e-catalogue binaan BI.

 

Acara ini merupakan sebuah komitmen kuat dari Pak Presiden, Menkop UMK, Menparekraf, BI secara bersama kita akan maju membina dan memperkuat UMKM Indonesia.

 

Selain itu, KKI juga akan digelar secara fisik (showcase) di 19 Kantor Perwakilan BI Dalam Negeri yang berada di zona hijau dengan prosedur kesehatan yang ketat. "One-to-one meeting juga akan diselenggarakan mempertemukan 31 UMKM dengan 14 potential buyer dari Singapura, Italia, Korea Selatan, Jepang dan China serta agregator dari Indonesia.

 

Gimana tertarik untuk membuat UMKM sendiri? Yuk ikut memajukan prekonomian Indonesia dengan selalu mendukung menggunakan produk lokal hasil dari pengrajin Indonesia.

 

See ya…

 

 

0 comments:

Post a Comment

 

Beauty Diary Kania Copyright © 2011 Design by Ipietoon Blogger Template | web hosting